Asyiknya Wisata Murah ke Pulau Pramuka

Selamat Datang di P.Pramuka with my Friend's

Selamat Datang di P.Pramuka with my Friend's



Dermaga Pulau Pramuka

Dermaga Pulau Pramuka

Menyeberang menuju Pulau Semak Daun dan Pulau Kotok

Menyeberang menuju Pulau Semak Daun dan Pulau Kotok

Sunrise di Pulau Pramuka

Sunrise di Pulau Pramuka

Serunya snorkeling di Pulau Pramuka

Serunya snorkeling di Pulau Pramuka

Tidak semua wilayah Jakarta itu penuh dengan gedung bertingkat dan kemacetan. Buktinya Gugusan Kepulauan Seribu yang termasuk dalam Provinsi DKI Jakarta ini memiliki keindahan alam, laut, dan pulau yang beragam.

Menuju Pulau Pramuka bisa terlebih dahulu berangkat dari dermaga Muara Angke menggunakan kapal ferry pukul 07.00 WIB dengan harga tiket Rp30.000,00. Saat itu, matahari dan cuaca yang cerah mengiringi perjalanan selama 2 jam menyeberang ke Pulau Pramuka. Namun, apabila cuaca sedang buruk, perjalanan bisa mencapai 3 jam.

Senang dan puas rasanya begitu sampai di Pulau Pramuka. Perjalanan pun dimulai, ternyata letak penginapan kami saat itu menghadap langsung ke pantai. Jadi, mata ini bisa sampai bosan memandangi indahnya laut di bagian ujung Utara Jakarta ini. Untuk satu kamarnya bisa memuat 12 orang. Selain itu, kamar juga sudah dilengkapi dengan fasilitas AC, kamar mandi, air, dan listrik yang hanya menyala dari pukul 17.00 WIB sampai 07.00 WIB.

Setelah beristirahat semalaman, keesokan harinya kami siap melakukan snorkeling. Agenda melakukan snorkeling sepertinya bisa menjadi wajib saat berada di Pulau Pramuka ataupun pulau lainnya yang ada di Kepulauan Seribu. Untyuk menyewa peralatan snorkeling dikenakan biaya sebesar Rp25.000,00. Menikmati keindahan bawah laut di Pulau Pramuka memang sangat menyenangkan. Banyak sekali biota laut yang dapat kita temukan saat snorkeling.

Selain itu, kami juga berkunjung ke Pulau Semak Daun dan Pulau Kotok, yaitu lokasi yang sangat bagus untuk snorkeling. Terumbu karang dan bermacam-macam ikan menghiasi alam bawah laut di kedua pulau tersebut. Untuk itu kami juga harus menyewa kapal seharga Rp200.000,00 untuk menuju Pulau Semak Daun dan Pulau Kotok.

Puas rasanya bisa snorkeling dan menikmati keindahan alam Pulau Pramuka sambil menikmati kebersamaan bersama teman-teman ataupun orang terdekat. Pulau Pramuka juga memiliki masayarakat yang ramah serta rumah-rumah yang sudah bagus. Banyak dari mereka menyewakan rumah-rumahnya untuk homestay dan hotel.

Dan, yang paling penting, Pulau Pramuka memiliki lingkungan yang bersih dan nyaman. Untuk wisatawan yang datang ke pulau ini juga tidak perlu khawatir dengan masalah keamanan bila terjasi sesuatu hal yang tak diinginkan. Di Pulau Pramuka sudah ada rumah sakit daerah yang siap membantu para wisatawan bila mengalami sesuatu hal yang buruk, seperti kecelakaan, sakit, atau keadaan lainnya. 

Selama menginap di Pulau Pramuka kami hanya menghabiskan biaya Rp250.000,00 per orang. Jadi, bila semakin banyak orang yang ikut ke Pulau Pramuka maka semakin sedikit pula biaya yang akan kita keluarkan alias lebih murah.

Sumber : travel.detik.com