150 Anak TK Antusias Ikuti Lomba Mewarnai di Pulau Seribu





Sebanyak 150 siswa Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kepulauan Seribu nampak antusias mengukuti lomba mewarnai yang digelar Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kepulauan Seribu di Plasa Kabupaten di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Senin (23/9).

"Senang ikut menggambar, mau jadi juara biar dapat hadiah," ujar Quizal Mirosyavir (5), siswa TK Fahman Jayyidan Pulau Pramuka sambil menggoreskan pensil warna di gambar yang disediakan panitia. Bersama ratusan anak lainnya, Quizal tampak antusias mewarnai gambar alam yang dipenuhi binatang.

Selain anak-anak yang terus mewarnai, para guru mereka sibuk mengarahkan siswanya agar mewarnai gambar sesuai dengan objek yang ada di kertas gambar. "Kegiatan ini dapat membantu prestasi anak-anak dan menguju daya imajinasi mereka," ungkap Julia, salah seorang guru.

Dia berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan tiap tahun dan pelaksananya bukan hanya Kantor Perpustakaan dan Arsib Kabupaten. "Kalau bisa instansi lain juga mengandakan kegiatan ini, agar anak-anak kita dibiasakan berlomba," pintanya.

Kepala Seksi Pelayanan Kantor Perpustakaan dan Arsib Kabupaten Kepulauan Seribu, Imay Zaelani, mengatakan kegiatan mewarnai diikuti sebanyak 150 siswa dari sekolah tingkat TK dan PAUD yang ada di Kepulauan Seribu.

"Pesertanya dari TK dan PAUD yang ada di Kepulauan Seribu, kita ingin agar mereka membudayakan membaca dan sebagai tempat apresiasi siswa." jelas Imay.

Kegiatan mewarnai ini, sambung dia, juga bagian dari rangkaian acara HANJABA tahun 2013 di Kepulauan Seribu. "Selain mewarnai, ada juga lomba mendongeng untuk SD, baca puisi SMP, dan pidato bahasa Inggris SMA," sebutnya. [Rudianto]