Permukiman Berkembang, Wisata Resort Pulau Seribu Mulai Menggeliat

Upaya keras Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu dan sejumlah pihak swasta untuk kembali mengangkat pamor pariwisata pulau resort di wilayah Jakarta kepulauan ini nampaknya mulai membuahkan hasil. Betapa tidak ? semenjak tingginya minat kunjung ke pulau-pulau wisata berbasis permukiman, pun kini wisata pulau resort mulai menggeliat dan menarik minat kunjung wisatawan kelas menengah dan atas.

Praktisi Pariwisata dan Pengamat Sosial Masyarakat, Edi Cipto mengatakan pamor wisata pulau resort terdongkrak sejak pulau-pulau permukiman banyak dikunjungi wisatawan kelas menengah dan bawah. Selain itu, masalah yang selama ini mebelit pariwisata di Kepulauan Seribu yakni akses transportasi juga mulai membaik. Karenanya, dalam waktu kedepan pasti akan banyak lagi investor di bidang wisata akan mengembangkan usahanya di Kepulauan Seribu.

"Kondisi saat ini sangat menjanjikan dan kedepannya pariwisata di Kepulauan Seribu akan kembali berkembang pesat seperti pernah terjadi pada tahun 1990 hingga 1998 lalu," ungkap Edi Cipto saat berbincang dengan beritapulauseribu.com di Marina Jaya ancol, Jakarta Utara, Sabtu (27/7) pagi.

Menurutnya, sudah barang tentu peningkatan minat kunjung ini harus pulau diimbangi dengan stabilitas pelayanan, seperti peningkatan kualitas pelayanan transportasi dan kualitas pelayanan pariwisata dari managemen pulau-pulau resort. "Tugas pemerintah untuk terus memperbaiki kondisi fasilitas transportasi laut. Keberadaan usaha penyewaan kapal cepat yang dikelola swasat turut mendukung meningkatnya duyu kunjung wisata saat ini," terangnya.

Dari itu, dia mengatakan, pemerintah harus juga berlomba memberikan pelayanan transportasi terbaik dan terus melakukan pembinaan terhadap alat transportasi tradisional yang juga memiliki andil besar dalam peningkatan daya kunjung wisata di Kepuluan Seribu. "Kapal-kapal penumpang diperbaiki dan tak kalah penting adalah pelabuhan yang merupakan gerbang masuk ke Kepulauan Seribu," tuturnya.

Labih jauh, dikatakannya, peningkatan pariwisata akan berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat. Mereka dapat memanfaatkan itu dengan membuka usaha-usaha wisata seperti membuka penginapan, usaha ketring, pemandu, hingga usaha sovenir. "Pariwisata adalah opsi yang tepat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jadi pemerintah harus terus menggali dan menggarap potensi wisata yang ada," katanya. [AF]

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Kang Lintas pada 18.56. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

PARA PENGGUNA JASA KAMI

2010 Lintas Pulau Seribu. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Pulau Seribu