Pulau Pramuka, Pilihan Wisata Selam di Jakarta

Diving dan snorkeling tak selalu harus ke Raja Ampat, ke Wakatobi, atau ke Bunaken yang jaraknya jauh dari Jakarta sehingga mengeluarkan biaya yang cukup besar. Ternyata, di Kepulauan Seribu yang masih wilayah Jakarta, juga masih menyimpan banyak panorama alam bawah laut yang indah dengan berbagai macam jenis biota.

Sebut saja misalnya di sekitar Pulau Pramuka. Di sekitar perairan pulau yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu dan pusat pelestarian alam oleh Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu ini, telah lama menjadi daya tarik wisata selam di Kepulauan Seribu.

Pastinya, yang tak punya uang dan waktu banyak, spot diving di pulau ini pantas dijadikan pilihan. Selain biaya yang terjangkau, keramahan warga juga menambah kenyamanan berwisata.

Seperti diungkapkan Andono, Koordinator Selam dari Universitas Indonesia. Spot diving di Pulau Pramuka masih bagus dan dia menjadikan Pulau Pramuka sebagai tempat pelatihan selam.

"Spot selam di Pulau Pramuka masih bagus dan fasilitasnya juga memadai. Jadi, perlu dijaga agar lebih bagus lagi," ungkapnya.

Meski begitu, Andono berharap, kondisi spot diving di perairan Pulau Pramuka terus dijaga dan dilestarikan. Sehingga, penikmat wisata selam dari Jakarta tidak perlu repot mengeluarkan banyak uang dan waktu hanya untuk menyelam. (Zarkasih)