Pulau Pramuka, Pusat Pemerintah yang Jadi Tujuan Wisata

Jumlah penduduk Pulau Pramuka mencapai 1.004 jiwa. Pulau ini terletak di wilayah kelurahan Pulau Panggang Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Luas pulau Pramuka mencapai 16 hektar. Untuk menuju Pulau Pramuka, angkutan laut dapat ditempuh melalui dermaga Muara Angke.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2001 tentang Pembentukan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka ditetapkan sebagai Ibukota Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Sebagai pusat pemerintahan Kabupaten, perlahan namun pasti Pulau Pramuka mulai menyediakan sarana dan prasarana dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kepulauan Seribu.

Seperti Kantor Kabupaten, Rumah Dinas Bupati dan pejabat Kabupaten, RSUD Kepulauan Seribu yang mampu menyediakan pelayanan rawat inap dan penanggulangan hiperbarik, Masjid Agung Pulau Pramuka, Docking kapal nelayan, Tempat Pelelangan Ikan atau PPI, penyediaan instalasi pengolah air bersih sistem RO, fasilitas olahraga dan lain sebagainya.

Selain sebagai pusat pemerintahan dan pemukiman, pulau dengan luas 9 hektar ini juga kerap menjadi tujuan wisata bagi masyarakat umum. Sehingga di sini terdapat bermacam homestay dengan biaya sewa bervariatif dan terjangkau, tergantung dari fasilitas yang diberikan.

Berbagai lokasi wisata dapat ditemui di Pulau Pramuka ini seperti Wisata Survival Pulau dan Penyu, dimana dalam jumlah 4-6 Orang dalam waktu 2-4 Malam, dapat melakukan kehidupan tradisional di pulau sangat kecil, sekaligus melihat dan mempelajari Penyu Sisik bertelur. Jalan Lingkar luar yang telah disediakan bagi penikmat sepeda santai dapat dilakukan mengitari Pulau Pramuka dalam waktu 15 menit sambil menikmati udara laut.

Pemukiman yang sudah tertata menjadi sangat atraktif bagi wisatawan untuk mengenal lebih jauh penduduk Pulau Seribu yang memang berasal dari berbagai etnik. Sedangkan bagi penikmat memancing, Pulau Pramuka menyediakan fasilitas melalui nelayan pancing dan menjadi transit yang efisien bila ingin memancing di beberapa Pulau, karena memang Pulau Pramuka sangat dekat ke berbagai Pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu.

Sejalan dengan itu Pemerintah Kabupaten Adrninistrasi Kepulauan Seribu hingga kini terus berupaya meningkatkan dan menyediakan fasilitas wisata sebagai langkah meningkatkan potensi wilayah yang ada di Pulau Pramuka. [berbagai sumber]

Sumber Berita: http://beritapulauseribu.com/berita-pulau-pramuka-pusat-pemerintah-yang-jadi-tujuan-wisata.html#ixzz2fisj5cyv