Kamis, 24 Oktober 2013

Ditengah Indahnya Wisata Pulau Seribu, Pulau Panggang Krisis Air Bersih


Di antara euforia keindahan wisata bahari, ternyata ada berbagai persoalan bagi warga yang bermukim di sejumlah pulau pemukiman di Kepulauan Seribu. Salah satunya adalah krisis air bersih yang mulai dan telah lama menghantui warga.

Misalnya warga yang bermukim di Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, mereka kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Untuk sekdar mencuci dan mandi saja mereka terpaksa mengambil ke pulau lain.

Sedangkan untuk air minum mereka membeli air minum kemasan yang harganya cukup mahal. "Kalau untuk mencuci dan mandi, kami menyeberang ke Pulau Karya. Untuk minum hampir semua warga beli air minum kemasan," ujar Mustarini (34), Selasa (22/10).

Warga yang bertempat tinggal di RT 07/01 Kelurahan Pulau Panggang ini mengaku, membeli air kemasan galon untuk dikonsumsi keluarganya. "untuk minum sehari-hari saya dan keluarga menggunakan air kemasan dan setiap tiga hari sekali saya harus membelinya," tutur Mustarini.

Warga lainnya, Ani (28) mengaku pelayanan air bersih di Pulau Panggang sangat kurang, padahal banyak warga yang membutuhkan. Karena itu dia terpaksa menyeberang ke Pulau Karya dan Pulau Pramuka agar bisa mendapatkan air untuk mencuci.

"Setiap kali saya mau membeli air bersih sulit sekali, bahkan tidak pernah kebagian, jadi terpaksa saya harus membawa pakaian yang akan dicuci ke Pulau Karya," jelasnya.

Menanggapi permasalahan air bersih di wilayah, Lurah Pulau Panggang Mohammad Ali Seleh mengaku sedang berupaya mencari jalan keluar. Iti dilakukan juga bersama perangkat RT dan RW serta sejumlah tokoh masyarakat.

"Ini lagi kita bahas masalah itu. Kita berharap segera mendapatkan jalan keluar, mohon warga bersabar," pinta Ali. [Afriyani Aldin]

Sumber : http://beritapulauseribu.com 

air-bersih.html#ixzz2ieg4DygP

Label: ,