Rabu, 09 Oktober 2013

Kekayaan Sejarah Pulau Onrust Tercemar Sampah

Pulau Onrust, Kepulauan Seribu (Foto: indonesia-tourism)
Pulau Onrust, Kepulauan Seribu (Foto: indonesia-tourism)
JAKARTA - Kepulauan Seribu menjadi alternatif bagi warga Jakarta yang ingin berwisata pantai namun tak ingin jauh dari pusat kota. Sayang, pantai-pantai di Kepulauan Seribu masih banyak yang tercemar sampah. Salah satunya adala Pulau Onrust, yang terkenal dengan peninggalan sejarahnya.

Sampah-sampah dari Jakarta tersapu ombak, dan mengotori pantai Pulau Onrust. Akibatnya, pulau yang terkenal dengan peninggalan VOC ini pun tak sedap dipandang.

Hal ini diakui oleh Bupati Kepulauan Seribu Asep Syarifudin. "Seharusnya ada yang mengawasi, tak hanya dari pemerintahan tapi juga pengelola pulau," ujarnya saat ditemui di Bidadari Eco Resort belum lama ini. Apalagi Pulau Onrust adalah pulau yang terdekat dengan Jakarta.

Meski masih terdapat tumpukan sampah di pulau ini, pemerintah Kepulauan seribu berjanji akan segera menyelesaikan permasalahan tersebut. Secepatnya Pulau yang dikenal dengan julukan Pulau Kapal ini akan diperbaiki dari segi fasilitas, maupun sarana agar dapat membuat wisatawan nyaman berkunjung serta mempelajari sejarah yang ada di Pulau ini.

Pulau Onrust, dulunya merupakan pulau di masa kolonial Belanda. Pulau ini merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh kapal kapal Belanda sebelum menuju Batavia. Pulau ini menyimpan sejarah bangsa berupa arkeologi pada masa kolonial Belanda dan sebuah rumah yang masih utuh yang kini dijadikan Museum Pulau Onrust. 


Sumber : http://travel.okezone.com/

Label: , , ,