Kepulauan Seribu Gelar Pelatihan Diversifikasi dan Pemasaran Olahan Ikan


Untuk meningkatkan produksi produk olahan ikan bernilai tambah tinggi dan pemberdayaan wanita nelayan, Suku Dinas Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu menggelar pelatihan Diversifikasi dan Pemasaran Olahan Ikanbagi wanita nelayan.

"Usaha perikanan dalam bidang pengolahan merupakan mata pencaharian yang dapat dilakukan oleh wanita nelayan," ujar Kepala Sudin Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu, Wawan Karmawan, Kamis (10/10)

Menurutnya, selain dapat meningkatkan nilai ekonomi suatu produk perikanan juga bahkan dapat meningkatkan pendapatan keluarga wanita nelayan. "ini merupakan salah satu langkah mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya wanita nelayan," ujar Wawan.

Melalui kegiatan ini, kata dia, Sudin Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu berupaya mewujudkan salah satu tujuan pembangunan kelautan dan perikanan yaitu berkembangnya diversifikasi dan pangsa pasar produk hasil kelautan dan perikanan.

"Hasil tangkapan ikan dapat dimanfaatkan menjadi beragam produk olahan yang dapat dipasarkan melalui Usaha Kecil Menengah," jelas Wawan.

Lebih jauh, Kasudin mengatakan, melalui pelatihan diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kompetensi wanita nelayan dalam rangka memanfaatkan dan mengembangkan bahkan menguasai teknologi yang inovatif terutama dalam menciptakan kualitas dan ragam produk perikanan.

"Kita berharap dengan ini dapat meningkatkan peran wanita nelayan dalam membantu pendapatan keluarga," ucapnya.

Salah seorang peserta pelatihan, Fitriyah, mengaku pelatihan yang diikutinya bagus dan diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan terkait dengan pengembangan produk olahan ikan. "Kita dilatih membuat olahan yang berkualitas pasar. Sehingga memiliki harga jual tinggi," katanya.

Dia menambahkan, usaha pengolahan kerupuk ikan miliknya kini berkembang pesat dan menghasilkan untung bersih selama enam bulan terakhir mencapai Rp 22 juta. "Saya lebih terpacu untuk meningkatkan produk dengan standar yang diinginkan konsumen," jelasnya. [Ahmad Furqon]

Sumber Berita: http://beritapulauseribu.com/berita-kepulauan-seribu-gelar-pelatihan-diversifikasi-dan-pemasaran-olahan-ikan.html#ixzz2hTCPi4yM