Libur Idul Adha, Pengunjung Wisata Pulau Seribu Capai 20 Ribu Orang


Sebanyak 20 ribu wisatawan diperkirakan akan mengunjungi sejumlah pulau wisata pemukiman di Kepulauan Seribu pada libur panjang Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah mendatang.

"Hasil data yang kami terima dari jasa perjalanan wisata, pengunjung yang datang mencapai 20 ribu orang di lima pulau wisata permukiman," ujar Musleh, Ketua Asosiasi Jasa Wisata Kepulauan Seribu, Rabu (9/10).

Jumlah itu, kata dia, tersebar di lima pulau, yakni Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, dan Pulau Harapan. "Adanya cuti bersama menjelang Hari Raya Idul Adha 1434 H pada 14 Oktober 2013 dijadikan kesempatan berlibur panjang di Pulau Seribu," jelasnya.

Untuk kapasitas tampung di tiap pulau tersebut, Musleh mengatakan untuk Pulau Untung Jawa sekitar 3 ribu orang, Pulau Tidung 6 ribu orang, Pulau Pari 2 ribu orang, Pulau Pramuka dan Pulau Harapan masing-masing bisa menampung sebanyak 2 ribu orang.

Sementara untuk memberikan keamanan pengunjung saat berlibur, Satpol PP Kepulauan Seribu akan melakukan penjagaan dan mengamankan objek wisata yang didatangi pengunjung wisata.

"Kami akan terus menjaga dan mengamankan di beberapa titik tempat wisata," ujar M. Yakub, Anggota Satpol PP Kepulauan Seribu. [Ahmad Zarkasih]