Selasa, 15 Oktober 2013

Mengganti Cincin Joran

Mengganti cincin alias kolongan joran yang rusak di bagian pangkal atau di tengah tak semudah di ujung. Sebab, baik cincin yang berkaki tunggal maupun ganda, umumnya dilekatkan ke joran dengan melalui beberapa tahapan.
Minimal cincin dilekatkan ke joran dengan dibalut benang secara melingkar dan kemudian dilapis epoksi. Namun ada pula cincin yang setelah dibalut benang, terlebih dahulu ditutup semacam pita perekat sebelum kemudian dilapis lagi dengan epoksi.
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengganti cincin joran yang rusak tentu saja menyiapkan cincin pengganti dengan spesifikasi yang sama, atau yang mirip-mirip jika ternyata di toko pancing tak tersedia cincin joran yang betul-betul sama. Untuk itu, pastikan bawa cincin joran yang rusak ketika hendak membeli cincin yang baru. Jangan lupa, Anda juga perlu menyiapkan benang pengikat dengan diameter dan warna yang sama pula.
Untuk melepas cincin joran, mula-mula iris terlebih dahulu lapisan epoksi secara melingkar tepat di batas-batas belitan benang pengikat menggunakan pisau cutter yang tajam. Selanjutnya gunakan kuku Anda untuk mengupas lapisan epoksi yang tertinggal. Kini kupas pita perekat dan putuskan benang lalu uraikan.

Memasang cincin baru dimulai dengan menempelkannya tepat di posisi semula, menggunakan setitik superglue. Berikutnya lilitkan benang kuat-kuat secara melingkar hingga seluruh kaki cincin joran tertutup rapat. Tutup lagi dengan pita dan terakhir lapisi dengan epoksi, vernis, ataupun cat kuku.(MR/tomy)

Label: ,