Sabtu, 19 Oktober 2013

Ngaku Gaouuuul, Wajib ke Tidung

Mari Bercinta di Jembatan Cinta
Pulau Tidung merupakan salah satu kelurahan di Kepulauan Seribu dan termasuk di Propinsi Jakarta Indonesia, lokasi nya tidak begitu jauh dari Jakarta sekitar 2 jam perjalanan dengan kapal laut. Pulau ini terdiri dari 2 bagian yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil, dimana kedua pulau ini di hubungkan dengan sebuah jembatan yg di sebut Jembatan Cinta.

Naik Kapal Rakyat Dari Muara Angke
Pulau Tidung merupakan pulau yg berpenghuni di kepulauan seribu, dengan luas wilayah sebesar 50 heaktar persegi dan jumlah penduduk sekitar 4500-5000 jiwa. Pulau ini tergolong ramai dan padat penduduk nya. Di mana hampir semua penduduk nya mendiami Pulau Tidung Besar. Sedangkan Pulau Tidung Kecil merupakan kawasan pengembangan mangrove, terdapat pula makam yg dikeramat kan. Di Pulau Tidung Kecil ini kita bisa menikmati indah nya alam sambil bersepeda.
Selamat Datang di Pulau Tidung
Perjalanan saya ke Pulau tidung kali ini bisa tergolong yg ke ?????? hampir lupa yg keberapa karna saking sering nya saya kesini mengantarkan temen2 sekaligus bersantai di pulau. Awal kesini dulu sekitar April 2008, suasana masih sepi dan tidak banyak pengunjung. Pulau ini bener2 lagi naik daun di kalangan muda Jakarta, rata2 hampir anak2 muda Jakarta sudah perna ke pulau tidung hahahhahaha.
Mari Bersepeda


Sangat muda sekali untuk mencapai pulau ini. Buat kamu yg suka akan petualangan menikmati kapal rakyat, berdesak2an, duduk di kapal tanpa kursi akan menjadi pemandangan yg sangat lumrah apabila hendak ke Kepulauan Seribu, biaya nya juga cukup murah.
Hampir semua perjalanan ke Kepulauan Seribu bisa diawali dari Pelabuhan Muara Angke Jakarta Utara, termasuk ke Pulau Tidung. Lokasi pelabuhan ini sangat mudah di capai. Buat yg bawa kendaraan pribadi bisa langsung mengarah kearah Pluit - Muara Karang - Muara Angke. Kalo mengunakan transportasi umum bisa dari citraland grogol naik mikrolet warna merah jurusan muara angke, ongkos nya cuman Rp. 4000,-
Muara Angke ini merupakan pasar ikan tradisional yg juga merangkap sebagi pelabuhan. Kalo binggung saat disana, tanya aja SPBU Muara Angke, lokasi pelabuhan ini ada di belakang SPBU. Oh yaa kapal berangkat dari Muara Angke ke Pulau2 yg ada di Kepulauan Seribu ini rata2 jam 7 pagi. Jadi diharap kan jam 6 pagi sudah ada di pelabuhan. Perjalanan ke pulau tidung ini memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan kapal rakyat, ongkos untuk kapal nya juga lumayan lah murah.


Di pulau tidung tidak ada penginapan semacam resort atau hotel, jadi kita bisa tinggal di home stay yg dikelola warga setempat. Saat kami kesana tahun 2008-2010 rata2 kami menginap di rumah penduduk. Trus kita bisa memesan makanan buat kita makan siang, makan malam sampai sarapan, harga nya juga relative standart.
Pembuatan Kapal
Salah Satu Sudut Homestay
Kondisi Pulau Tidung sudah banyak berubah sekarang, semakin banyak nya wisatawan datang, semakin menciptakan peluang bisnis yg sangat bagus. Sekarang ini kita bisa nginep di home stay yg mmg dibikin untuk wisatawan. Fasilitas nya juga lumayan, ada Spring Bed, AC.
Jangan takut untuk berkelana di pulau ini, banyak sekali warga setempat yg menyediakan jasa layanan wisata dan akan membantu kita dengan ramah dan baik hati hahahahaha. Di pulau ini kita bisa beraktifitas seperti bersepeda, berjalan kaki mengelilingin pulau, snorkeling, banana boat atau sekedar menikmati jembatan cinta.
Merenungin Nasib Jadi Jomblo
Sekitar pukul 9.30 an biasa nya kapal dari muara angke sudah merapat di pulau tidung.  Sampai di pulau tidung langsung menuju penginapan, di lanjut bersepeda menikmati suasana pulau dengan semilir angin.  Kita menikmati perkampungan, melihat aktifitas warga sambil berfoto2 narsis sampai ujung pulau yg terkenal indah dengan pasir putih dan pohon2 kelapa nya. Sepeda nya sendiri kita bisa sewa dari warga setempat.
Lompat Dari Jembatan Cinta
Jam 12.00 kita kembali kepenginapan untuk makan siang, trus persiapan untuk snorkeling. Tepat jam 13.00 perjalan mengunakan perahu yg kita sewa berangkat menuju pulau2 di dekat tidung untuk snorkling. Oh yaaa sewa perahu ini biaya nya sekitar Rp. 300.000 – Rp. 500.000 tergantung dari besar kecil nya perahu yg kita sewa. Rata2 muat antara 10-20 orang. Alat snorkeling juga sangat mudah kita sewa disana.
Snorkling di Pulau Aer & Pulau Payung
Banyak pilihan pulau untuk bersnorkling. Ada pulau Payung, Pulau Aer, Pulau Karang Beras atau hanya ke Pulau tidung Kecil. Yang paling menarik sech ke pulau Aer karna trumbu karang nya masih bagus dan juga terdapat semacam lorong sungai di pulau nya yg di tumbuhin pohon cemara.
Puas bersnorkling, maka perahu akan kembali ke pualu tidung. Tidak lupa untuk mampir di jembatan cinta menikmati sore sambil bersenda gurau atau sekedar minum es kelapa atau mau lebih asyik main banana boat dengan sahabat2. Di jembatan Cinta ini pula kita bisa adu keberanian untuk melompat dari atas jembatan  setinggi 10-15 meter.
Begitu matahari tenggelam maka kembali kepenginapan untuk beres2 setelah seharian berkelana. Makan malam bisa di sajikan dengan barbeque atau kalo malam cukup pesan makanan diatar kepenginapan.
Puas tidur malam …. Pagi nya lanjut berburu sunrise di jembatan cinta. Kali ini kita bersepeda dari penginapan menuju jembatan cinta. Disekitar jembatan cinta disediakan parkir sepeda jadi kita tidak bisa melewati jembatan dengan bersepeda. Santai2 dijembatan ini sambil menikmati sunrise dan berjalan kaki menuju Pulau Tidung Kecil menjadi keasyikan tersendiri. Sambil melihat trumbu karang + ikan2 dari atas jembatan.
Oh yaaa disekitar jembatan cinta banyak terdapat warung yg menjual berbagai makanan dan souvenir. Kita bisa sarapan atau sekedar jajan disini. Terakhir kesini Mei 2012, di tempat ini sudah ada arena outbond yg bisa kita gunakan.
Menjelang siang … saat nya kita kembali ke ibu kota. Puas menikmati liburan di Pulau Tidung maka tepat pukul 13.00 kapal pertama akan berangkat kembali ke Jakarta. Usahakan sampai di dermaga kapal sebelum pukul 13.00 biar kita bisa mencari tempat duduk yg nyaman dan menghindari panas hahahaha.
Mengila Bareng Temen-Temen

Label: , ,