Pemda Siapkan Kepulauan Seribu Jadi yang Terbaik di Indonesia


Bicara soal Kepulauan Seribu, Anda pasti langsung terbayang pantai cantik dengan dibalut pasir putih nan lembut. Kini pemerintah sedang gencar mengembangkan pulau ini sebagai destinasi wisata bahari terbaik di Indonesia.

"Kaitannya dengan pelayanan yang harus dilakukan pemerintah harus bagus, lebih baik, lebih murah, terukur dan transparans," tutur Bupati Kepulauan Seribu Asep Syarifudin, dalam jumpa pers di Ruang Serba Guna Multi Purpose Hall Bidadari Eco Resort, Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Kamis (3/10/2013)

Asep menuturkan Indonesia punya 52 destinasi pantai cantik, salah satunya Kepulauan Seribu masuk di dalamnya. Menurutnya, wisata di Kepulauan Seribu ini harus terukur. Terukur artinya terjangkau bagi semua wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu.

"Tidak ada pilihan lain kalau sektor swasta tidak digandeng untuk memajukan pariwisata. Salah satunya seperti inisiatif tim dari resor Pulau Bidadari ini," ucap Asep

Pulau Bidadari punya daya jual yang tinggi. Sebab pulau ini letaknya sangat strategis. Banyak kegiatan wisatawan yang bisa dilakukan di sini. Baru-baru ini, Pulau Bidadari sering digunakan untuk foto pre wedding para calon pengantin.

"Kalau saya baca dari sisi penjualan, satu kalimat saja yang masuk bisa membawa dampak bagus bagi pariwisata Kepulauan Seribu. Misalnya seperti pesta pernikahan Atiqah Hasisolan dan Rio Dewanto kemarin. Dengan itu saja Kepulauan Seribu bisa mendunia," ucap Asep.

Pemerintah Kepsri sedang gencar menjalankan aspek sumber daya alam yang dimiliki pulau cantik ini. Caranya yakni dengan adanya wisata bahari dan edukasi bagi wisatawan yang datang.

"Banyak hal yang bisa kita lihat di Kepulauan Seribu. Seperti wisata edukasi yang mulai terus kita kembangkan. Contohnya di sini (red-Pulau Bidadari) banyak pohon-pohon bersejarah yang umurnya sudah ratusan tahun," papar Asep.

Asep memaparkan pemerintahan Kepulauan Seribu harus punya pola pikir untuk menjual dan ditularkan kepada semua orang. Pemerintah berencana akan menyulap Pulau Kelor. Nanti akan dipasang penerangan agar semakin nyaman dikunjungi wisatawan saat malam hari.

"Paling tidak saya mengajak bukan hanya melihat sunset di Pulau Kelor, tapi kita bisa pergi malam-malam ke sana," tutur Asep

Kini sudah banyak akses jalan menuju Pulau Seribu. Namun belum semua nyaman untuk didatangi. Banyak solusi-solusi yang telah disiapkan pemerintah untuk mempercantik dan mempromosikan pulau ini.

"Kita akan undang investor seperti pemilik pulau dan resor untuk membangun pulau ini agar menjadi baik," papar Asep.

Saat ini sedang dilakukan pembangunan hotel berlantai 3 di tengah Pulau Pari. Diperkirakan tahun 2014 nanti traveler sudah bebas menikmati.

"Dalam kaitan pembangunan Kepulauan Seribu, Pulau Bidadari yang menjadi pulau terdekat wajib hukumnya mendatangkan pengunjung ke Pulau Onrust dan Pulau Kelor," tutup Asep.


Sumber : http://travel.detik.com/