Kamis, 17 Oktober 2013

Pramuka di Kepulauan Seribu

Pulau Semak Daun
Pulau Pramuka ini merupakan pusat pemerintahan kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Jakarta Indonesia. Jarak nya sekitar 2,5 jam dari Pelabuhan Muara Angke Jakarta mengunakan transportasi kapal rakyat dengan biaya Rp. 30.000,- sekali jalan. Kepulauan Seribu sendiri sebenar nya terdiri dari banyak pulau2 antara lain Pulau Bira, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Macan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Pari, Pulau Semak Daun, Pulau Sepa, Pulau Air dan masih banyak lagi.

Pulau Pramuka merupakan pulau berpenduduk yg lagi berkembang pesat menjadi pulau pariwisata. Hal ini di karenakan alam nya yg indah serta bawah laut nya yg keren. Sehingga menarik banyak wisatawan untuk datang. Dan juga ada nya fasilitas berupa homestay, penyewaan kapal, penyewaan alat snorkling, diving dll. Serta lokasi nya yg tidak begitu jauh dari Jakarta.
Dermaga Pulau Bira
Di Pulau ini juga terdapat penangkaran penyu sisik yg di kepalai oleh Pak Salim, Penyu2 ini di kembang biakan di suatu tempat dan apabila sudah cukup umur maka akan di lepas ke laut. Ini merupakan konservasi untuk mempertahankan kelangsungan penyu sisik yang makin lama semakin berkurang habitat nya.
Pulau Kuburan Cina
Perjalanan kami ke Pulau Pramuka ini awal nya karna penasaran dengan Pulau Bira, dimana Pulau bira ini merupakan pulau yg dulu nya mempunyai lapangan golf 9 hole. Penasaran itulah yg membawa kita mengunjungi kepulauan seribu. Sebelum berangkat, kami hub pak mail selaku penguasa pulau pramuka hahahahaha. Beliau ini punya home stay, kapal, catering dll.
Berenang Di Pulau Pamagaran
Sabtu, jam 6 pagi kami beserta rombongan sudah sampai di Pelabuhan Muara Angke. Langsung cari kapal jurusan Pulau Pramuka. Sekitar pukul 7 kapal mulai berangkat, gw lanjutkan tidur di dalam kapal, lumayan perjalanan 2 jam an. Sekitar pukul 9.30 kami merapat di Pulau Pramuka dan di sambut oleh pak mail.
Nusa Karamba
Kami di antar menuju Homestay yg lokasi nya tepat di depan dermaga Pulau Pramuka. Homestay nya terdiri dari 2 kamar, 1 ruang tamu, 2 kamar mandi. Dilengkapi 2 AC, TV dan 2 kipas angin. Oh yaa listrik disini hanya menyala mulai sore sampai pagi hari.
Pulau Kayu Angin Genteng
Setelah istirahat sebentar di homestay, kami lalu bersiap2 untuk snorkling + hopping island dengan mengunakan perahu yg telah kami sewa dengan tujuan mengunjungi Pulau Bira, Pulau Pamagaran, Pulau Kayu Angin Genteng serta Pulau Kuburan Cina. Seharian kami menikmati indah nya pulau2 itu sambil berenang bersama ikan2. Oh yaa kami menikmati lunch box di pulau bira.
Terbayar sudah perjalanan ini, Pulau Bira yg dulu nya resort sekarang terbengkalai. Tapi kami cukup puas menikmati dermaga dan trumbu karang yg masih begitu indah nya. Yaa membikin puas lagi adalah pulau kayu angin genteng, pulau ini kosong berpasir putih dengan gundukan pasir yg begitu menawan serta banyak bule berjemur hahahaha.
Pulau Semak Daun
It's About The Journey, Not The Destination
Menjelang sore kami kembali ke pulau pramuka untuk istirahat karna hari minggu nya kami masih mempunyai acara yg lumayan padat. Malam itu angin berhembus dengan kencang sehingga bener2 terasa dingin. Kami sempat nongkrong di dermaga tp tak kuat lama2 karna dingin. Akhir nya kami putuskan untuk masuk home stay dan tidur.
Minggu, jam 5 pagi kami sudah bangun sholat subuh trus jalan kaki menuju sisi belakang Pulau Seribu untuk menikmati sunrise dan menuju penangkaran penyu sisik. Setelah puas bermain dengan penyu2 kami kembali ke home stay untuk sarapan.
Sekitar pukul 8, kami segera menaiki perahu lagi untuk melihat + foto2 narsis di Pulau Aer, Pulau Semak Daun. Trus menuju Nusa Keramba untuk makan siang. Tepat Jam 1 siang, kamu balik ke jakarta mengunakan kapal.
Thanks buat รจ Novie, Mantika, Hendra, Echa, Marlina, Ubith, Ika, Eva
Sunrise Pulau Pramuka
Lorong Pulau Aer

Label: , ,