40 IRT Pulau Panggang Dilatih Buat Pupuk Organik


Sedikitnya 40 Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik. Kegiatan dilaksanakan oleh  tim Pengabdian Masyarakat FMIPA Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di Balai Warga Pulau Pramuka, Senin (28/10/2013).

Dosen Kimia dari UNJ, Suhartono mengatakan, kegiatan bertujuan untuk menambah pengalaman dan meningkatkan keterampilan ibu-ibu, dan yang paling utama adalah mengurangi sebaran sampah di lingkungan masing-masing. "Ya, tentu yang paling diutamakan adalah pengurangan sebaran sampah di wilayahnya masing-masing," katanya.

Dikatakannya, selain untuk mengurangi penyebaran sampah, ibu-ibu diharapkan bisa memanfaatkan sampah-sampah organik salah satunya sampah sayuran yang dijadikan sebagai bahan untuk praktek di rumah. "Saya berharap setelah ini ibu-ibu bisa memanfaatkan ilmunya di rumah, apa lagi masih didominasi dengan import dari daratan Jakarta, ditambah lagi Pulau Pramuka adalah tempat berkunjungnya wisatawan,"  jelasnya.

Salah seorang peserta, Junisaroh mengaku senang karena bisa menambah pengalaman, dia berharap ke depan bisa dikembangkan lagi serta menjadi nilai tambahan untuk saya dan ibu-ibu yang lain. "Saya berharap ini bisa dikembangkan dan dimanfaatkan lagi karna saya fikir ini bisa menambah nilai ekonomi," ujarnya.

Peserta dibagi menjadi empat kelompok dan mereka diminta untuk mempraktekan bagaimana cara membuat pupuk organik cair yang terbuat dari sampah-sampah rumah tangga. Lalu, pupuk yang sudah jadi dapat dimanfaatkan untuk tanaman yang ada di perkarangan rumah masing-masing. [Afriyani Aldin]