Kisah Saus Seribu Pulau


Anda mungkin pernah makan salad dengan Thousand Island Dressing atau semacam saus yang dituangkan ke salad yang dimakan, rasanya asam-asam manis. Ternyata, nama saus itu memang berasal dari Pulau Seribu, hanya saja bukan Kepulauan Seribu di Teluk Jakarta tetapi di dekat kota Ontario, Kanada. Uniknya, Pulau Seribu ini bukan ada di laut tetapi di Sungai St. Laurent yang memang luar biasa lebarnya dan memisahkan Amerika Serikat dan Kanada. Sungai ini merupakan cabang-cabang dari empat danau besar di daratan Amerika Utara yang kemudian akan “tumpah” menjadi air terjun raksasa Niagara Falls yang fantastis itu.

Nah, jumlah pulau di sungai itu pun ternyata lebih dari 2.000 buah, sebagian milik Kanada dan sebagian milik AS. Sebagian pulau-pulau ini milik pribadi, bukan milik pemerintah lagi.

Dari semua pulau ini ada dua pulau yang jaraknya paling pendek, cuma 9 m. Untuk menghubungkan kedua pulau ini dibuat jembatan. Uniknya, satu pulau ini milik warga negara AS dan yang satunya milik orang Kanada. Jadilah, jembatan ini menjadi jembatan perbatasan negara terpendek di dunia.

Salah satu dari Pulau Seribu ini adalah milik Tuan Boldt, dan di sana dibangun “Boldt Castle”. Ternyata, Pak Boldt inilah yang menciptakan saus pulau seribu atau thousand island dressing yang sekarang kita kenal dan sering kita santap. Dia memang orang kaya yang senang memasak. Konon, dulunya pernah pula jadi koki. Kalau Anda suka makan saus thousand island dan berkesempatan datang ke perbatasan Kanada dan AS, cobalah mampir ke tempat asal usul saus kegemaran Anda itu.

Definisi “pulau” yang dipakai di sini adalah tanah berukuran sedikitnya 2 m2 dan di atasnya sedikitnya tumbuh dua batang pohon. Dasar itulah yang dipakai untuk menentukan jumlah pulau di sana ada lebih dari 2.000 pulau. Tentu saja tidak semua pulau di sana sedemikian kecil, ada juga yang besar sebagaimana layaknya pulau biasa di kawasan Pulau Seribu Jakarta.
 
Sumber : intisari-online.com