Kue Janda Mengandang, Pelampiasan Hati Seorang Janda


Siapa bilang kuliner di Kepulauan Seribu hanya berbahan dasar dari ikan. Satu kudapan yang menjadi favorit warga Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan adalah kue yang bernama unik, yakni Janda Mengandang atau kue Kelabu sebutan bagi warga Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

Menurut Mina (41) warga Pulau Tidung, kue yang terbuat dari tepung, santan kelapa, garam alus, pewarna, dan gula  pasir ini berawal dari kekesalannya akibat ditinggal pergi oleh sang suami saat pernikahaannya baru berjalan dua tahun.
 
Karena itu, dia menghilangkan kejenuhannya dengan mencampur aduk adonan tersebut. "Ya begitu aja, lalu saya kukus dan jadi kue yang ga taunya disukai warga," ujarnya.

Soal nama Janda mengandang, Mina mengaku awalnya hanya candaan warga yang melihat nasibnya menjadi wanita yang ditinggal suami tanpa pernyataan cerai dan menunggu lama di rumah. "Jadi janda tapi mengandang, maksudnya hanya diam saja dirumah. Ya dari pada stres saya buat kue," katanya.


Sayangnya, meski diminati karena rasanya yang legit, kue ini mulai tidak kelihatan lagi. Sementara Mina pembuat kue kini telah menikah lagi dan melupakan masa lalunya. "Kan bukan Janda lagi, jadi tidak buat kue itu," candanya.
(bps/puser)
 
Sumber Foto :Ema Arifah/VHRmedia