Pulau Untung Jawa




Pulau Untung Jawa - Pulau Seribu

Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu merupakan sebuah pulau berpenduduk berlokasi dekat dengan pulau Bidadari resort.  di pulau ini penduduk umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan, saat ini pulau Untung Jawa merupakan salah satu pulau penduduk di Kepulauan Seribu yang tengah di promosikan sebagai tempat wisata bahari, dan pulau Untung Jawa ini telah masuk dalam salah satu pulau wisata Jakarta.

Menuju Pulau Untung Jawa Pulau Seribu

Untuk menuju Pulau Untung Jawa ini, umumnya penduduk dan wisatawan menggunakan pelabuhan Muara Angke sebagai keberangkatannya, selain itu pulau ini banyak dikunjungi wisatawan dari pantai Mutiara dengan menggunakan jet ski untuk sekedar menikmati keindahan pulau, di pulau ini banyak terdapat kedai yang menawarkan makanan khas seperti kripik Sukun, kripik sukun ini diproduksi langsung oleh masyarakat Untung Jawa, selain itu terdapat jajanan dari rumput laut, ikan asin dan manisan ceremai.  Pohon sukun ini banyak tumbuh di Kepulauan Seribu, dengan daging sukun yang kekuningan, berupa irisan tipis yang digoreng garing dengan rasa gurih.

Di beberapa pantai juga terdapat kedai yang menjual ikan bakar, ikan bakar ini sangat fresh diambil dari nelayan, seperti cumi, ikan kue dan lain-lain, rasanya sedang, gurih dan enak dimakan dengan nasi ketika masih panas, harga nya pun relatif murah.

Pabila Anda berkunjung ke pulau Untung Jawa ini cobalah membeli oleh-oleh khas kepulauan Seribu ini, karena selain rasanya enak dengan membeli oleh- oleh ini, Anda berarti juga turut membantu perekonomian mereka, setuju ?

Kelurahan di Pulau Untung Jawa Pulau Seribu Jakarta

Pulau Untung Jawa ini merupakan kelurahan dengan kode pos 14510.  Adapun pulau – pulau yang termasuk dibawah kelurahan Untung Jawa antara lain:
  1. Pulau Air Besar / pulau Ayer Besar, pulau ini merupakan pulau resort peristirahatan, terdapat cottage, fasilitas hotel setara bintang, saat ini pulau Ayer dikelola oleh PT. Global Buana. (baca Pulau Ayer pulau Seribu dan paket wisata pulau Ayer pulau Seribu Jakarta)
  2. Pulau Air Kecil / Ayer kecil; sayang nya pulau ini sudah tergerus oleh ombak dan sudah tidak nampak lagi.
  3. Pulau Bidadari,  pulau ini merupakan resort yang dikelola oleh PT . Seabrez (anak perusahaan PT Taman Impian Jaya Ancol) disini tersedia cottage dan fasilitas berlibur,  Pulau bidadari sarat dengan peninggalan sejarah Belanda sewaktu Belanda ingin menguasai Jayakarta, dan terdapat benteng Martello Castel yang masih ada hingga saat ini. (baca pulau Bidadari resort, harga paket wisata pulau)
  4. Pulau Bokor;  pulau ini merupakan cagar alam burung dengan variasi jenis burung yang bermacam-macam, untuk memasuki pulau ini harus memiliki ijin.
  5. Pulau Cipir / pulau Kahyangan
  6. Pulau Dapur; sayangnya pulau ini sudah tidak terlihat lagi, sudah ada dibawah laut.
  7. Pulau Edam atau Pulau Damar Besar;  pulau Edam terkenal dengan mercusuar nya dengan ketinggian 65 meter dibangun di tahun 1879.
  8. Pulau Kelor; pulau ini dapat terlihat ketika Anda berkunjung ke pulau Bidadari, pulau yang kecil dengan terlihat benteng Belanda sebagai benteng pengintai, pulau Kelor ini terdapat kuburan dan dikenal sebagai “Kerkhof eiland”.
  9. Pulau Monyet / Damar kecil; sekitar pulau ini banyak digunakan memancing, banyak terdapat bandeng laut dengan rasa yang berbeda dengan bandeng darat.
  10. Pulau Nyamuk Besar / pulau Nirwana; mungkin anda sedikit kurang paham mengenai pulau ini, karena pulau ini sudah tidak ada lagi karena terkena abrasi laut.
  11. Pulau Nyamuk Kecil / pulau Talak; pulau kecil di pulau seribu ini bernasib sama, sudah tidak ada lagi.
  12. Pulau Onrust; pulau ini dapat dikunjungi, terdapat peninggalan kolonial Belanda, dahulu merupakan tempat perbaikan kapal
  13. Pulau Rambut;  pulau ini banyak sebagai pulau cagar alam, banyak terdapat burung dan terdapat menara pengawas untuk melihat burung ( birdwatching)
  14. Pulau Ubi Besar;  sudah tenggelam karena abrasi
  15. Pulau Ubi kecil; sudah tenggelam karena abrasi
  16. Pulau Untung Jawa; merupakan pusat keluarahan, dahulu pulau ini bernama Amiterdam, pulau ini masih berpenghuni dan banyak penduduk Kepulauan Seribu yang tinggal di pulau ini

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Kang Lintas pada 09.15. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

PARA PENGGUNA JASA KAMI

2010 Lintas Pulau Seribu. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Pulau Seribu