Segarnya, Yogurt ala Siswi SMP di Pulau Seribu

Menikmati es yogurt saat cuaca terik membuat rasa panas dan haus terlepas semua. Tak hanya itu, kandungan nutrisi dalam yogurt sangat baik untuk kesehatan. 

Dengan mengkonsumsi yoghurt 2-3 porsi sehari, dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu berdasarkan penelitian, yogurt dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Karena kaya manfaat, sejumlah siswi SMPN 133 Jakarta di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, membuat es yogurt strawberry. Berbeda dengan yogurt kebanyakan yang biasa disajikan dalam bentuk cair, para siswi tersebut membuat yogurt beku yang dikemas seperti es lilin.

"Tujuan pembuatan es yoghurt ini sebagai salah satu produk jajanan sehat anak-anak," ujar Ayu S, guru pembimbing dalam pembuatan es yogurt, Rabu (10/10).

Menurutnya, proses pembuatan es yoghurt strawberry tidak terlalu sulit. Dengan bahan dan alat sederhana siapapun dapat membuat es yogurt strawberry. "Saya pun saat membimbing anak-anak untuk membuatnya tidak ada kesulitan, karena prosesnya gampang, ke depan kita mau coba bahan yang khas pulau seperti sukun dan ceremai" jelasnya.

Dian (14), Siswi Kelas VIII SMPN 133 Jakarta mengaku, dari pengalaman itu membuat dirinya ketagihan. "Ini pengalaman baru buat saya, jadi ingin mencoba selalu," kata Dian yang memamerkan yogurt buatannya saat Penilaian Lomba Sekolah Sehat di sekolahnya.

Cara membuat es yoghurt strawberry, menurut Dian, bahannya hanya susu yang di fermentasi. Untuk bahan strawberry, bisa menggunakan buahnya yang sebelumnya di blender halus terlebih dahulu. "Kalau semua bahannya sudah ada, kita tinggal campurin secara merata, terus dimasukin ke plastik yang buat es lilin. Terakhir masukin dalem kulkas sampe keras," kata Dian dengan logat pulaunya.
 
Sumber : beritapulauseribu.com