Kapal Krapu Diharapkan Layani Warga Pulau Sabira

 
Warga Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara meminta agar dermaga kapal Krapu yang berada di pulau tersebut di gunakan sesuai fungsinya. Pasalnya, keberadaan dermaga ini dinilai sangat penting untuk penunjang aktivitas warga yang akan menggunakan transportasi laut tersebut.

Meurut Siddik (45) salah seorang tokoh asyarakat Pulau Sebira, keberadaan Pulau Sabira ini jaraknya sangat jauh dari pulau pemukiman lainnya, roda pembangunan di pulau ini perlu terus ditingkatkan sejalan dengan kebutuhan masyarakat salah satunya akses transportasi. "Jangan hanya dermaganya saja yang ada, tapi kapal krapunya tidak beroperasi sampai ke pulau ini, buat apa ada dermaganya kalau tidak di fungsikan," tutur Siddik kepada beritapulauseribu.com, Rabu (15/1/2014).

Dia menjelaskan, Pulau Sebira secara geografis merupakan pulau kecil terjauh yang dimiliki Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Pulau yang dimanfaatkan sebagai pemukiman ini, jaraknya mencapai 100 mil ke arah utara dari Teluk Jakarta. Luas pulau ini hanya sekitar 9 hektar dengan jumlah penduduk juga terbilang sedikit yaitu hanya 506 jiwa. "Awalnya senang banget melihat tiket kapal krapu ada jurusan yang mau ke pulau sebira, tapi ternyata hanya formalitas saja," katanya.

Dia berharap, akan ada solusi yang matang dari pemerintah terkait kegunaan dan fungsi dermaga kapal krapu tersebut. "Akses transportasi laut ke Pulau Sebira merupakan hambatan yang berarti. Selain biaya oprasional perahu yang mahal, faktor alam juga menjadi hambatan mobilitas dan komunikasi masyarakat maupun pemerintah dari dan menuju ke pulau sebira," tandasnya.

Sebagian besar mata pencaharian penduduk Sebira sabbung Siddik adalah nelayan, pulau ini memiliki potensi hasil laut yang cukup tinggi. Pasalnya, selain lokasi yang terpencil, laut yang masih biru dan jauh dari pencemaran merupakan faktor yang mendorong melipahnya tangkapan ikan yang bisa didapat. "Selain dipasarkan ke daratan Jakarta ataupun ke pulau pemukiman lainnya, nelayan Pulau Sebira juga terbiasa menjual hasil tangkapannya ke wilayah lampung, karena jaraknya yang juga dekat dengan daratan pesisir timur sumatra," pungkasnya. 

Sumber Berita: http://beritapulauseribu.com