Minggu, 23 Februari 2014

Istimewahkan Hari Jum'at Nelayan Pulau Panggang Libur Melaut


Hari jum'at merupakan hari yang begitu istimewa bagi umat Islam, tak terkecuali bagi muslim yang ada di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Bahkan untuk menghormati hari istimewa tersebut, masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan ini tidak melakukan aktivitas melaut.

Dari pantauan beritapulauseribu.com, Jum'at (21/02/2014) kemarin. Kebanyakan nelayan Pulau Panggang menggalangkan kapalnya di dermaga-dermaga tepi pulau, umumnya mereka melakukan pengecekan kapal mereka apakah ada yang bocor, kipas rusak, tergenang air dan lain sebagainya. "Ini hari Jum'at kita harus menghormati dan tentunya sebagai umat Islam kita harus melakukan shalat Jum'at untuk memakmurkan masjid," ungkap Nawi (44) seorang nelayan warga Pulau Panggang.

Nawi yang merupakan warga RT 006/02 menambahkan, menggalang itu perlu karena kalau nelayan tidak rajin mengecek kapalnya, maka nelayan itu sendiri yang akan mengalami kerepotan saat ditengah laut. "Laut itu bukan seperti daratan kalau rusak ada tempat service di pinggir jalan nah, laut pontang-panting ke bawa ombak nanti bisa celaka, " katanya.

Hal yang sama juga dilontarkan nelayan lainnya, Radi (50) warga Pulau Panggang RT 002/02 menceritakan jika setiap hari Jum'at tentunya para nelayan beristirahat dari aktivitas melaut. "Kita harus shalat Jum'at dong, kalau orang kantor atau pekerja di pabrik liburnya hari Sabtu atau Minggu sedangkan nelayan disini serentak meliburkan diri setiap hari Jum'at, " tutupnya.


Sumber : http://beritapulauseribu.com




Label: ,