Cegah Dampak Global Warming Mahasiswa Tanam Terumbu Karang Bersihkan Pantai

HeadlineLondon School of Public Relations/LSPR 4C (Climate Change Championship Club) yang merupakan unit kegiatan mahasiswa mengajak masyarakat peduli kelangsungan kehidupan biota laut melalui Heart Ocean “Sea Coral Planting and Clean Up The Beach”.

Kegiatan penanaman terumbu karang dan membersihkan pantai ini merupakan kegiatan ketiga dalam rangkaian acara Environtment Month 2014 yang akan diselenggarakan selama Maret 2014 dengan tema “Save Our Planet”. Heart Ocean akan dilaksanakan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Mahasiswa/i LSPR-Jakarta yang tergabung dalam LSPR 4C memiliki beberapa kegiatan untuk melestarikan ekosistem laut. Kegiatan yang akan dilakukan LSPR 4C seperti penanaman 400 coral di dasar laut, membersihkan pantai dari berbagai sampah, serta adopsi baby coral.

Dalam kegiatan penanaman coral itu, setiap anggota dari LSPR 4C dapat mencantumkan masing-masing nama dari coral yang akan ditanam serta mendapatkan foto underwater bersama dengan coral yang telah ditanam di dasar laut tersebut.

Kegiatan ini tidaklah seperti kegiatan biasa yang memberikan informasi secara langsung dengan orasi, melainkan disampaikan melalui aksi nyata yang akan dilakukan seperti penanaman coral dan membersihkan pantai.

Melalui Heart Ocean, LSPR 4C memberikan kesadaran kepada masyarakat terutama yang tinggal di sekitar Pulau tersebut untuk memelihara biota laut agar kebersihan pantai dapat terjaga, mengurangi pengikisan air laut yang sudah seringkali terjadi serta menambah keindahan biota laut itu sendiri.

“LSPR 4C memang sudah banyak melakukan aksi nyata di daratan, untuk itu, kali ini kami memperluas aksi nyata di lautan, yang juga merupakan bagian dari bumi kita. Lebih dari itu, kami berharap aksi ini dapat menginspirasi orang lain untuk turun tangan mencegah semakin parahnya dampak global warming” ujar Imanuel Hutagalung, Deputy Director III of LSPR – Jakarta. [*]