2 Hektar Hutan di Pulau Tidung Terbakar


Akibat membuang putung rokok sembarangan, dua hektar hutan yang ditumbuhi pepohonan dan rumput ilalng di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Jum'at (8/8/2014)  habis dilalpa sijago merah.
 
"Ya tadi sekitar pukul 17.30 wib, dua hektar hutan terbakar akibat putung rokok yang dibuang secara sembarangan," tutur Pardjoko Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Kepulauan.


Menurutnya, untuk dapat menjinakan api yang terus berkobar dilahan tersebut pihaknya telah menurunkan satu unit Fair Boat  dan 6 personil ke tempat kejadian perkara (TKP).  "Alhamdulillah setelah kurang lebih 3 jam kami berhasil memadamkan api," jelasnya.

Farjoko menambahkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, pihaknya pun mengaku belum bisa memastikan berapa jumlah kerugian akibat peristiwa tersebut. "Beruntung api berhasil dipadamkan tidak sampai merambat ke pemukiman dan sekolah Madrasah Tasyanawiyah (MTS) yang lokasinnya hanya berjarak 100 meter dari lokasi kebakaran," ungkapnya.

Agar tidak terullang kejadian serupa, Pardjoko meminta masyarakat Pulau Seribu tidak membuang puntung rokok dan membakar kayu disembarang tempat yang akhirnya bisa mengakibatkan kebakaran.  "Dalam waktu dekat ini kami akan mengadakan simulasi kebakaran kepada warga Pulau Seribu. Dengan begitu warga bisa tahu bagaimana cara menanggulangi kebakaran," pungkasnya.