Belum Terima Buku Guru di Pulau Seribu Bingung Gunakan Kurikulum 2013


Para pendidik atau guru di Kabupaten Kepuluan Seribu mengaku bingung atas pemberlakuan Kurikulum Pendidikan 2013 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun ajaran 2014. Pasalnya, hingga saat ini pihak sekolahan di Pulau Seribu belum juga menerima buku kurikulum 2013.
 
"Bagaimana yah, untuk tahun ajaran 2014 seharusnya bulan Juli guru dan siswa sudah menerima buku kurikulum 2013 yang sudah diberlakukan, akan tetapi Kemendikbud belum mendistribusikan satu pun ke sekolah," ujar M. Supardi Wakil Kepala SD 01 Pulau Panggang kepada beritapulauseribu.com, Rabu (6/8/2014).


M. Supardi menjelaskan di kurikulum 2013 ada perbedaan dengan kurikulum lama, khusunya dalam hal mata pelajaran. Menurutnya, pada kurikulum lama buku pelajaran dibagi per mata pelajaran, sedangkan untuk kurikulun 2013 bukunya dicetak secara terpisah. "Jadi tiap minggu atau bulan bisa berganti buku dan itu bertahap dari kelas 1, 2 kemudian kelas 4 dan 5," jelasnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Yanto Siregar Kasudin Pendidikan Kepulauan Seribu menjelaskan, bahwa untuk buku mata pelajaran di kurikulum 2013 harus dipesan. Saat ini, pihaknya amsih menunggu kiriman dari pemerintah pusat. "Pengadaan buku kurikulum 2013 oleh Kemendiknas, jadi sekolah langsung pesan dan itu sudah dilakukan kita lagi nunggu pengiriman dari pusat," singkatnya.