PULAU-PULAU DI KEPULAUAN SERIBU ADALAH PULAU KARANG

Karang terlihat jelas di kedalaman 3 meter di sekitar pulau Air ini. Ada juga karang yg menonjol hampir ke permukaan. Pulau-pulau di Kepulauan Seribu terbentuk oleh karena pertumbuhan kehidupan binatang karang (corallinacene). Seluruh pantai dari pulau-pulau di Kepulauan Seribu adalah pulau karang. 


Bagi pemula (seperti saya), life jacket harus digunakan supaya tetap mengapung di permukaan. Padahal jika tanpa life jacket, kita bisa menyelam sekali-sekali ke bawah. Meski hanya di permukaan air kita bisa melihat ke bawah dengan jelas karena airnya sangat jernih. Ikan-ikan pun berenang sangat dekat di sekitar kita 


Mungkin ada 100-an orang yg melakukan snorkeling dan diving di sekitar pulau Air ini. Mereka tersebar di beberapa titik, dan sebagian besar dari mereka adalah turis lokal yg menyukai keindahan alam bawah laut. Kepulauan Seribu adalah tempat yg cocok untuk memulai belajar dan menyukai alam bawah laut. Kepulauan Seribu relatif dekat dari Jakarta dan murah, meski ada begitu banyak tempat lain di Indonesia yg lebih indah dari Kepulauan Seribu. Ayo coba!