Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

Ajakan dari salah satu temen gue buat manfaatin waktu liburan dengan travelling ke Kepulauan Seribu lebih tepatnya Pulau Pramuka. Tanpa pikir panjang  langsung gue iyain aja tawaran dari temen gue itu, daripada bengang-bengong di rumah ga ngapa2in.
12 September 2013, niatnya brkt pagi2 bgt biar bisa nyampe Pelabuhan Muara Angke dan bisa nyebrang ke Pulau Pramuka pake kapal penyebrangan yang paling pagi, tapi gara2 kemacetan Jakarta di pagi hari, gue baru bisa nyebrang jam 8an.
Narsis Dikit Bolehlaaaah :))
Suasana Menjelang Keberangkatan Penyebrangan
Tiba Jua di Pulau Pramuka
Setibanya di Pulau Pramuka, gue dkk langsung nyari penginapan yang harganya paling murah se-Pulau Pramuka. Akhirnya setelah nanya sana-sini, gue dkk dapet penginapan dengan harga yang sangat terjangkau, sedikit maksa sih waktu nego harga sama empunya penginapan, haha. . .
Ga lama2 setelah istirahat bentar di penginapan, gue dkk langsung siap2 snorkeling, nhah gue dkk dpt kenalan sesama pengunjung Pulau Pramuka yang ngajakin patungan / "join-an" buat sewa kapal, yang namanya niat baik mah siapa yang nolak, apalagi bisa ngurangin biaya sewa kapal :D
Persiapan Snorkeling
Sebelum snorkeling, gue dkk harus sewa dan ngambil alat2 snorkeling di salah satu pulau di dekat Pulau Pramuka. Kisaran harga u/penyewaan alat snorkeling kisaran 50ribuan, itu uda dapet sepaket (masker, snorkel, life vest (jaket/rompi pelampung), sama fin (sepatu katak), kalo dirasa mahal, tawar aja, minta nego sama yg punya penyewaan alat snorkeling.
Selesai Snorkeling di Spot Pertama, Lanjut ke Spot Selanjutnya
Kalo menurut gue spot snorkeling yang ada di sekitaran Pulau Pramuka lumayan bagus, air lautnya bening, tapi terumbu karangnya yang rada kurang keliatan. Apa mungkin beberapa faktor juga kayanya, bisa jadi gara2 cuaca saat itu yang kurang terang, jadi sinar matahari kurang gitu terang, ditambah air yang keruh gara2 gue dkk terlalu banyak gerak di air jadinya yaaa gitu deeeeeeeh :|




Sedikit Moment Snorkeling dengan Kamera Underwater [*Sewaan]
Setelah puas snorkeling, gue dkk mampir bentar di Pulau Semak Daun. Pulau Semak Daun itu pantai yang nyaman buat renang karena pantainya landai, pasirnya putih, dan bebas bulu babi, ada juga spot buat snorkeling, lokasinya ga jauh dari Pulau Pramuka. Disana ada kaya semacem dermaga dari kayu2 gitu, kalo mau maen lompat2/cebur2an di laut, bisa banget tuh disana.
@ Pulau Semak Daun
Puas maen2 di Pulau Semak Daun, gue dkk mampir di kaya semacem restoran di perairan laut yang dangkal, namanya Nusa Resto. Selain berfungsi buat restoran, disana juga dipake buat penangkaran ikan2 laut.
Nusa Resto
Ikan-Ikan di Penangkaran Nusa Resto
Sunset di Nusa Resto
Temen gue lagi galau tuh, haha. . .
Poto rame2 sesama traveler kenal di jalan yang ngajakin patungan sewa kapal
 
Kru Kapal
Masih Sempet Narsis di Bawah Plang Selamat Datang
Selesai snorkeling seharian, gue dkk balik ke penginapan, terus siap2 makan malam, jalan2 bentar, balik lagi deh ke penginapan. Di penginapan, gue dkk ngobrolin rencana besok pulang sambil nonton tipi aja. Mungkin gara2 aktivitas seharian, gue dkk ga lama2 begadang dan soalnya besok rencana bangun pagi buat Hunting Sunrise di Pulau Pramuka.
  
Pintu Gerbang Taman Nasional Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka
Pagi harinya, gue dkk jalan2 keliling Pulau Pramuka, hunting sunrise sambil nikmatin suasana di Pulau Pramuka. Pulaunya ga gitu gede, jadinya bisa dikelilingin dengan jalan kaki, tapi kalo mau sewa sepeda, bisa aja sewa di tempat penyewaan sepeda yang di Pulau Pramuka.
Pohon Bakau di Pantai Pulau Pramuka
Pagi-Pagi Hunting Sunrise
Sunrise di Pulau Pramuka
Perpustakaan di Pulau Seribu
Salah satu kawasan yang tidak terawat, banyak sampah dimana-mana

NKRI HARGA MATI !!!
Suasana Pantai di Pulau Pramuka

Suasana Tanjung Pengantin Pulau Pramuka
Me `n Friends @ Gapura Gerbang Kepulauan Seribu yang ada di Pulau Pramuka
Foto Iseng Aja (^_^)v
Jadwal Kapal Angkutan Penyeberangan
Fasilitas Umum di Pulau Pramuka
Masjid di Pulau Pramuka
[Lupa namanya Masjid apaan, hehe. . .]
  
Sarapan di Pinggir Pantai Sambil Menikmati Taman Miniatur Ekosistem
Angkutan Umum di Kepulauan Seribu
Selama keliling Pulau Pramuka, gue jalan2 sambil ngambil gambar di sepanjang jalan yang gue lewatin.
Bintang Laut Warna Biru

Kondisi Sekitaran Pantai di Pulau Pramuka

Bengkel Kapal
Sumber Listrik di Pulau Pramuka Pakai Tenaga Diesel
Gue dkk mampir di tempat Pelestarian Penyu Sisik yang ada di Pulau Pramuka, karna memang di pulau tersebut salah satu tempat yang dipake buat mengembangbiakan Penyu Sisik. Di tempat itu ada beberapa jenis penyu yang dikembangbiakan. Kalo mau masuk, tinggal ijin aja sama penjaga tempat Pelestarian Penyu Sisik.






@ Pelestarian Penyu Sisik Pulau Pramuka

Jangkar Gede yang Ada di Pinggir Pantai
 
Radio Amatir yang Ada di Wisma Dermaga
Karna hari itu hari Jumat, jadi gue dkk pulang setelah Sholat Jumat. Jadi setelah tadi puas keliling pulau, gue dkk balik ke penginapan buat beres2 persiapan balik ke Jakarta. Sekitar jam 1an, gue dkk brkt dari Pulau Pramuka menuju ke Muara Angke naik Kapal Penumpang yang terbuat dari kayu.


Foto2 Perjalanan Nyebrang ke Muara Angke [Jakarta] 


Suasana di Dalam Kapal Penyeberangan

Akhirnya setelah perjalanan 2 jam, gue dkk sampai juga di Pelabuhan Muara Angke. Perjalanan dengan rencana dadakan, tapi dapet pengalaman yang berkesan dari Pulau Pramuka.
“Laut adalah Tempat yang Tepat untuk Memikirkan Hal-Hal yang Tidak Terpikirkan di Daratan. Ketenangannya mampu membekukan segala tanda tanya.”



JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Kang Lintas pada 15.22. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

Tinggalkan Komentar

PARA PENGGUNA JASA KAMI

2010 Lintas Pulau Seribu. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Pulau Seribu