Pasar Malam Meriahkan Taman Budaya Pulau Harapan

Komunitas pedagang pasar malam kembali menyambangi Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara. Selain memberikan hiburan kepada warga keberadaan pasar malam ini juga dinilai dapat membantu masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan baik sandang maupun pangan.

Pasar malam yang dipusatkan di Taman Budaya tepatnya dihalaman Kantor Kelurahan Pulau Panggang ini juga menampilkan berbagai macam permainan anak-anak seperti Kereta-keretaan, Pemancingan, Odong-odong, dan lainnya. Tidak hanya memanfaatkan pasar malam menjadi tempat hiburan. Acara hiburan ini digunakan sebagian masyarakat Pulau Harapan untuk berjualan aneka makanan baik makanan ringan samapi dengan makanan berat.

Uda (35) Kepala Penyelenggara Pasar Malam mengatakan, bahwa acara seperti ini biasanya dilakukan selama dua hari dua malam. Pasar malam digelar semata-mata hanya untuk menyediakan kebutuhan warga Pulau Seribu, karena tidak hanya di Pulau Harapan saja. Namun kami juga menggelar di tiap Pulau Pemukiman. "Tujuan pasar malam dibuka semata-mata untuk menghibur dan memeriahkan perkampungan," ujar Uda saat di temui beritapulauseribu.com, Kamis (27/11/2014) kemarin.

Pasar malam tersebut, kata Uda merupakan acara tunggal yang diadakan kelompok pedagang tanpa kerja sama dengan lembaga lain. "Kita hanya mendapat dukungan dari masyarakat sekitar, dan meminta izin kepada ketua RT" katanya.

Seperti, Syukur (27) salah seorang penjual makanan kecil mengaku senang diadakan pasar malam ini. Sebab, ia bisa memperoleh penghasilan 200 ribu satu hari. "Selama saya berjualan di pasar malam ini masyarakat senang dan berantusias sekali datang kesini," singkatnya.

Di tempat Umayah (30) salah seorang penjual Bakso Ikan mengungkapkan, ia lebih banyak mendapat penghasilan jika pasar malam datang ke Pulau Harapan. "Omset saya bertambah jika Pasar malam ini tiba, selain meriah dan ramai dikunjungi warga," ujar Umayah sambil melayani konsumennya.

Sementara itu Rika (27) salah seorang pengunjung pasar malam memaparkan kegembiraannya karena pasar malam ini, ia bisa membawa anaknya pergi bermain. "Tidak perlu jauh-jauh lagi saya bawa anak main-main, terlebih keseruan bersama keluarga, kita bisa beli macam macam barang disini dengan harga yang lumayan murah," tandasya.