Permainan Tradisional Anak-anak Masih Sering Dijumpai di Pulau Seribu

Seiring berkembangnya teknologi informasi dan permain modern tidak menggoyahkan langkah anak-anak Kabupaten Kepulauan Seribu dalam memelihara dan melestarikan permainan tradisional. Seperti halnya yang terlihat di Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Boca-boca kecil ini terlihat asik memainkan permainan tradisional yang hampir puna seperti bermain preca atau kelereng, engkle-engkle dan gangsing.

Permainan-permainan tradisional masih masih sering kita jumpai disini. Biasanya, bermain rame-rame ini dilakukan selepas mereka pulang dari sekolah. Tak hanya anak laki-laki yang asik bermain, tetapi sejumlah bocah-bocah perempuan pun terlihat antusias mempermainakn permainan tradisional tersebut.

"Permainan ini dimainkan musiman, namun ada saja di dalam keluarga, ada anak-anak yang memainkan cublak-cublak suweng atau main petak umpet," ujar Malia (30) warga Pulau Panggang, kepada beritapulauseribu.com, Kamis (6/11/2014).

Menurut Ibu yang telah dikaruniai dua anak ini menjelaskan, ada beberapa permainan tradisional yang sering dimainkan anak-anak Pulau Panggang, diantaranya permainan preca atau kelereng, inkling atau engkle-engkle, kapal othok-othok, gangsing, cublak-cublak suweng dan lain-lain. "Ada sebuah pesan dari permainan yang anak-anak lakukan yaitu mengutamakan kebersamaan," katanya.

Malia tidak menampik, bahwa permainan tradisonal hampir punah di kalangan anak-anak, karena menjamurnya permainan modern, namun itu tugas kita sebagai orangtua, terutama pemerintah agar ikut serta melestarikan permainan tradisional, sehingga masa depan anak-anak Pulau Seribu tidak teracuni dengan permainan-permainan yang bisa memberikan dampak nekatif untuk pertumbuhan anak-anak. "Kita harus bisa mempertahankan tradisi kita sendiri, kalau bukan kita siapa lagi, permainan tradisonal ini adalah warisan dari nenek moyang kita," pungkasnya.

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Kang Lintas pada 18.39. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Permainan Tradisional Anak-anak Masih Sering Dijumpai di Pulau Seribu

Tinggalkan Komentar

PARA PENGGUNA JASA KAMI

2010 Lintas Pulau Seribu. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Pulau Seribu