Wabup Pimpin Penertiban Bagan Tancap Ikan dan Kerang Hijau di Perairan Pulau Onrust

Wakil Bupati Kepulauan Seribu Ibu Sabiin Hatta memimpin penertiban ratusan bagan tancap ikan dan kerang hijau yang mengganggu alur perairan kapal Kepulauan Seribu. Bagan ikan dan kerang hijau tersebut terpaksa ditertibkan oleh puluhan personel gabungan Satpol PP, Polres dan Suku Dinas Perhubungan Kepulauan Seribu. Penertiban tersebut dilakukan sekitar pukul 11.00-12.30 WIB.

Ibnu mengatakan, penertiban tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No. 8 tahun 2007 mengenai pelarangan menggunakan potasium (bom), pukat harimau dan Bagan untuk menangkap ikan dan kerang hijau khususnya di Perairan Kepulauan Seribu.

"Kita melakukan sidak ini agar tidak terjadi kecelakaan kapal, karena banyaknya bagan-bagan ikan mengganggu alur lalu lintas transportasi kapal yang kita dapat laporannya dari masyarakat baik dari wisatawan maupun warga Kepulauan Seribu, " ungkap Ibnu kepada beritapulauseribu.com di Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Senin (24/11/2014).

Lebih lanjt, Ibnu mengimbau kepada para nelayan Muara Kamal yang mendirikan bagan Ikan dan Kerang Hijau untuk mentaati Perda tersebut.

"Kita himbau masyarakat sendiri yang bisa memindahkan karena sesuai perda 8 tahun 2007. Saat ini kita beri tanda merah dan pelambung untuk menandai batas wilayah perairan Pemerintah Daerah Kepulauan Seribu dan dua wilayahnya Pemerintah Daerah lainnya yaitu Tangerang dan Jakarta Utara.

" Fungsi tanda merah dan pelambung untuk menentukan batas wilayah Pulau Seribu.
Untuk sementara kita kasih batas terlebih dahulu 7x24 untuk memindahkan bagan-bagan tersebut," pungkasnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Kepulauan Seribu, Hartono menuturkan, penindakan ini untuk menindaklanjuti hasil rapat dengan perwakilan pemilik bagan-bagan tersebut dengan Pemda Kepulauan Seribu.

" Nanti kita lanjutkan himbauan kembali pada pemilik bagan. Kita sudah beri surat peringatan waktu 7x24 jam dan kita beri surat agar mereka menyadari untuk membongkar sendiri.

" Bila tidak di indahakan kita tindak sendiri dan tidak ada ganti rugi atau uang kerohiman," tegasnya.

Bagan Tancap Ikan dan Kerang Hijau tersebut telah lama didirikan secara musyawarah oleh para nelayan Kamal Muara dengan biaya yang tidak sedikit.

Untuk harga Bagan Tancap Ikan dan Kerang Hijau seharga Rp 6-Rp 15 juta untuk satu bagannya, dengan waktu pendirian selama 30 hari atau satu bulan.
 
Turut hadir dalam penertiban bagan tancap ikan dan kerang hijau Asisten Pemerintahan dan Kesmas Darma Sembiring, Waka Polres Kepulauan Seribu Kompol Mustakim dan Kasudin Kominfomas Kepulauan Seribu Benny Nusantara.

Sumber : http://beritapulauseribu.com/berita-wabup-pimpin-penertiban-bagan-tancap-ikan-dan-kerang-hijau-di-perairan-pulau-onrust.html