Pulau Pramuka Paradise In Jakarta

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau indah yang berada di tengah gugusan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Pulau ini juga sekaligus menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka memiliki luas sekira 9 hektar dan masuk Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Provinsi DKI Jakarta.

Dilansir dari Indonesia Travel, Pulau Pramuka memiliki fasilitas terbilang lengkap sebagai pusat pemerintahan di Kepulauan Seribu. Di sini tersedia penginapan, rumah makan, rumah sakit, masjid dan lapangan olahraga.

Perairan sekitar Pulau Pramuka terbilang bagus untuk Anda sepuasnya snorkeling atau scuba diving, karena air lautnya yang jernih dan berarus yang tenang. Kawasan ini terbilang kaya dengan terumbu karang yang tersebar berwarna-warni dihiasi beragam ikan yang berenang dengan bebas.

Selain terumbu karang, pantai dari pulau ini memiliki pasir putih dan laut biru kehijauan yang akan membuat Anda betah dan ingin kembali lagi ke sini.

Masyarakat di Pulau Pramuka terkenal akan keramahannya yang akan menyambut dan melayani keperluan wisatawan berwisata di pulau ini.

Pulau yang tadinya bernama Pulau Elang tersebut dihuni masyarakat yang sebagian besar merupakan nelayan dan penyedia usaha wisata berupa penginapan. Kehidupan mereka terbilang sejahtera dan sebagian besar bangunan rumah di sini cukup memadai.

Pulau Pramuka merupakan pulau dengan jumlah penduduk terbesar di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu yang terdiri dari berbagai etnis, yaitu: Betawi, Bugis, Banten, dan Madura.

Pulau yang tidak padat penduduk ini tidak memiliki pesisir pantai. Sebab, abrasi membuat Pulau Pramuka tidak memiliki pesisir pantai. Namun, Anda tetap bisa melihat dan bermain di pesisir pantai dengan menyebrang ke pulau lain.

Dengan menggunakan ojek kapal kayu kecil berkapasitas sekitar 5 orang, Anda akan diantar menuju pulau terdekat, Pulau Karya. Cukup menempuh waktu sepuluh menit dan membayar tarif ojek kapal Rp3000, Anda akan melihat surga dunia.

Tak lengkap rasanya jika ke pulau tanpa bermain air. Pulau Pramuka menyediakan kegiatan snorkeling. Biasanya kegiatan snorkeling termasuk dalam paket yang disediakan travel biro. Anda akan diajak snorkeling di beberapa pulau berbeda, seperti Pulau Air dan pulau-pulau lain dengan pemandangan terumbu karang yang indah.

Di Pulau Pramuka juga terdapat sebuah penangkaran penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang dikembangbiakan dan dirawat di area khusus secara alami. Penangkaran ini tidak hanya menarik para turis, tapi juga peneliti. Jika datang di waktu yang tepat, Anda dapat melepas bayi-bayi penyu ke lautan. Selain penyu, pulau ini juga melestarikan tanaman bakau atau mangrove.

Sumber : http://lifestyle.sindonews.com/read/974806/156/pulau-pramuka-paradise-in-jakarta-1426032787