Cegah Narkoba, Polres Kepulauan Seribu Libatkan Anjing Pelacak

Polres Kepulauan Seribu dan Ditpolair Polda Metro Jaya gencar berpatroli menggunakan tujuh kapal mengelilingi enam pulau di Kepulauan Seribu guna mencegah narkoba masuk melalui jalur laut.

Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Andi Herindra menjelaskan, patroli bertujuan mendeteksi dan memeriksa tiap kapal yang datang. Sehingga, masuknya narkoba lewat laut ke ibukota bisa diantisipasi.

"Kami berpatroli bareng pada Senin, Rabu, dan weekend," ucapnya kemarin (Rabu, 8/4).

Andi menduga, Kepulauan Seribu diduga kerap dijadikan tempat untuk bertransaksi narkoba oleh oknum tak bertanggung jawab, mengingat beberapa wisatawan berhasil ditangkap karena kedapatan membawa sabu-sabu dan ganja.

Selain itu, ada enam titik jalur patroli laut yang setiap hari dijaga, di mana tiap kapal diisi tiga hingga enam anggota gabungan. Untuk membantu anggota mendeteksi dan memeriksa kapal-kapal tersebut, polisi turut melibatkan anjing pelacak narkoba.

"’Anjing pelacaknya berasal dari Detasemen K-9 Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri. Meskipun ada alat deteksi, ada narkoba yang bisa lolos. Tapi, endusan anjing kan kuat," bebernya.

Anjing pelacak, imbuhnya, ditugaskan memeriksa bagian dalam kapal. Anjing itu sudah dilatih melacak narkoba, sehingga membantu anggota.

Dari ditpolair, empat penyelam akan memeriksa bagian bawah kapal. "Narkoba juga bisa diselundupkan dengan cara diikat di bawah kapal," ungkap dia.

Kata Andi, pulau-pulau di Kepulauan Seribu sering dijadikan tempat kejahatan, seperti pencurian dan pemakaian narkotika. Dari pulau-pulau itu, biasanya yang ramai dikunjungi hanya beberapa. Misalnya, Pulau Tidung, Harapan, dan Pramuka.

"Dalam waktu dekat, kami akan buat kampung bebas narkoba di seluruh kelurahan di Kepulauan Seribu," tandas dia.

Sumber : http://www.rmoljakarta.com/read/2015/04/09/2898/Cegah-Narkoba,-Polres-Kepulauan-Seribu-Libatkan-Anjing-Pelacak-

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Kang Lintas pada 08.40. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Cegah Narkoba, Polres Kepulauan Seribu Libatkan Anjing Pelacak

Tinggalkan Komentar

PARA PENGGUNA JASA KAMI

2010 Lintas Pulau Seribu. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Pulau Seribu