Cegah Pencurian Pasir, Pengawasan Kepulauan Seribu Diperketat

Pemkab Administrasi Kepulauan Seribu berkomitmen untuk memperketat pengawasan terhadap ratusan pulau yang terdapat di wilayah tersebut. Hal ini untuk mencegah pencurian pasir yang dapat merusak ekosistem serta abrasi pantai.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk meningkatkan pengawasan, terutama mencegah terjadinya pencurian pasir," kata Tri Djoko Margianto, Bupati Kepulauan Seribu, Sabtu (4/4).

Peningkatan pengawasan Kepulauan Seribu ini, kata Tri, terkait dipergokinya Kapal Christobal Colone berbendera Luxemburg yang tengah mengambil pasir di Pulau Pari pada pertengahan Maret silam.

"Saat dilakukan pemeriksaan, ternyata izin penambangan pasir kapal tersebut telah habis sejak Desember tahun lalu," jelas Tri.

Tri mengaku sudah melaporkan temuan tersebut kepada Gubernur DKI Jakarta dan Bareskrim Polri. Namun sayangnya hingga kini belum ada tindak lanjut dari pihak kepolisian.

"Kalau pengawasan kurang bisa habis pasir yang ada di Kepulauan Seribu. Dulu saja Pulau Pari yang berbentuk gunungan pasir, sekarang sudah lenyap entah kemana," papar Tri.


Sumber : http://beritajakarta.com/read/9396/Cegah_Pencurian_Pasir_Pengawasan_Kepulauan_Seribu_Diperketat#.VSxHmPCueM8