Kepulauan Seribu Targetkan Jadi Destinasi Wisata Dunia

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Administrasi Kepulauan Seribu menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2016, Selasa (7/4).

Musrenbang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Bupati Kepulauan Seribu Tri Djoko Sri Margiantoro, lurah, camat, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan warga digelar di kantor Bupati Kepulauan Seribu yang berlokasi di Pulau Pramuka.

Bupati Kepulauan Seribu, Tri Djoko Sri Margianto mengatakan, pelaksanaan musrenbang 2016 dilakukan dengan perencanaan partisipatif untuk mewujudkan Kepulauan Seribu menuju destinasi wisata berskala dunia.

Sekadar diketahui jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Kepualauan Seribu setiap tahunnya terus meningkat.

"Pada tahun 2013, jumlah wisatawan yang datang ke Kepualauan Seribu mencapai 1,5 juta orang. Dan tahun 2014, angka ini naik mencapai 3 juta wisatawan. Bisa dibayangkan pada tahun ini, wisatawan akan bertambah terus," ujar Tri Djoko, Selasa (7/4).

Tri mengungkapkan, pihaknya saat ini terus memperbaiki sarana dan prasarana untuk menopang sektor pariwista, khususnya transportasi. Sebab, sarana transportasi memadai bakal meningkatkan kunjungan wisatawan di Kepulauan Seribu.

"Kami meminta ada standar minimum dermaga masyarakat di pulau. Jadi kami harapkan 2016 sudah bisa diusulkan," ungkapnya.

Tri juga meminta Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI untuk merehabilitasi semua dermaga dan alur yang bisa dihubungi kapal agar bisa tercapai persamaan minimum persyaratan.

Sumber : http://beritajakarta.com/read/9444/Kepulauan_Seribu_Targetkan_Jadi_Destinasi_Wisata_Dunia#.VSxI2vCueM8