Tampilkan postingan dengan label Pulau Pramuka. Tampilkan semua postingan

0 komentar
Pemerintah Kabupaten Adminidstrasi Kepulauan Seribu mengapresiasi kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh organisasi, komunitas maupun instansi pemerintah yang peduli terhadap lingkungan khususnya di Kepulauan Seribu.

Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo mengatakan, semakin banyak komunitas masyarakat yang peduli dengan mangrove, semakin terjaga kelestarian Pulau Seribu.

"Banyak manfaat dengan semakin banyaknya lokasi mangrove di Pulau Seribu. Selain menjaga dari abrasi juga menjadi tempat ikan untuk berkembang biak," ujarnya, Senin(31/8).

Sebelumnya, untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan ekosistem laut yang ada di Pulau Seribu, sebanyak 5.000 batang mangrove ditanam oleh Ikatan Alumni Akademi Pimpinan Perusahaan (IKA APP) di Pantai Timur Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

Sumber : http://beritajakarta.com/read/14936/5000_Batang_Mangrove_Ditanam_di_Pulau_Pramuka#.VeTWsH0hGUk

Read More »

0 komentar
Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau indah yang berada di tengah gugusan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Pulau ini juga sekaligus menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka memiliki luas sekira 9 hektar dan masuk Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Provinsi DKI Jakarta.

Dilansir dari Indonesia Travel, Pulau Pramuka memiliki fasilitas terbilang lengkap sebagai pusat pemerintahan di Kepulauan Seribu. Di sini tersedia penginapan, rumah makan, rumah sakit, masjid dan lapangan olahraga.

Perairan sekitar Pulau Pramuka terbilang bagus untuk Anda sepuasnya snorkeling atau scuba diving, karena air lautnya yang jernih dan berarus yang tenang. Kawasan ini terbilang kaya dengan terumbu karang yang tersebar berwarna-warni dihiasi beragam ikan yang berenang dengan bebas.

Selain terumbu karang, pantai dari pulau ini memiliki pasir putih dan laut biru kehijauan yang akan membuat Anda betah dan ingin kembali lagi ke sini.

Masyarakat di Pulau Pramuka terkenal akan keramahannya yang akan menyambut dan melayani keperluan wisatawan berwisata di pulau ini.

Pulau yang tadinya bernama Pulau Elang tersebut dihuni masyarakat yang sebagian besar merupakan nelayan dan penyedia usaha wisata berupa penginapan. Kehidupan mereka terbilang sejahtera dan sebagian besar bangunan rumah di sini cukup memadai.

Pulau Pramuka merupakan pulau dengan jumlah penduduk terbesar di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu yang terdiri dari berbagai etnis, yaitu: Betawi, Bugis, Banten, dan Madura.

Pulau yang tidak padat penduduk ini tidak memiliki pesisir pantai. Sebab, abrasi membuat Pulau Pramuka tidak memiliki pesisir pantai. Namun, Anda tetap bisa melihat dan bermain di pesisir pantai dengan menyebrang ke pulau lain.

Dengan menggunakan ojek kapal kayu kecil berkapasitas sekitar 5 orang, Anda akan diantar menuju pulau terdekat, Pulau Karya. Cukup menempuh waktu sepuluh menit dan membayar tarif ojek kapal Rp3000, Anda akan melihat surga dunia.

Tak lengkap rasanya jika ke pulau tanpa bermain air. Pulau Pramuka menyediakan kegiatan snorkeling. Biasanya kegiatan snorkeling termasuk dalam paket yang disediakan travel biro. Anda akan diajak snorkeling di beberapa pulau berbeda, seperti Pulau Air dan pulau-pulau lain dengan pemandangan terumbu karang yang indah.

Di Pulau Pramuka juga terdapat sebuah penangkaran penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang dikembangbiakan dan dirawat di area khusus secara alami. Penangkaran ini tidak hanya menarik para turis, tapi juga peneliti. Jika datang di waktu yang tepat, Anda dapat melepas bayi-bayi penyu ke lautan. Selain penyu, pulau ini juga melestarikan tanaman bakau atau mangrove.

Sumber : http://lifestyle.sindonews.com/read/974806/156/pulau-pramuka-paradise-in-jakarta-1426032787

Read More »

0 komentar
Untuk menarik pengunjung datang ke Kepulauan Seribu, pemerintah lokal menyajikan pesta rakyat dan menampilkan pentas seni masyarakat lokal.

Bupati Kep. Seribu Asep Syarifudin menuturkan bahwa malam pergantian tahun ini, pesta rakyat dan pesta kembang api akan dipusatkan di Pulau Pramuka.

"Nanti kami akan menampilkan karya-karya masyarakat seperti tari-tarian, penampilan musik pop dan dangdut. Saya akan memimpin penyulutan pertama kembang api," ungkap Asep saat dihubungi Bisnis, Rabu (31/12/2012).

Asep menargetkan pada tahun baru ini pengunjung Kep. Seribu akan mencapai 100.000 orang, yang dipusatkan di beberapa pulau yaitu P. Tidung, P. Pramuka, P. Harapan, P. Pari, dan P. Untung. Adapun, tahun lalu Kep. Seribu dibanjiri lebih dari 28 ribu pengunjung.

Selain pentas seni dan pesta rakyat, Asep mengatakan bahwa sebelum malam pergantian tahun, masyarakat akan menggelar tausiyah bersama.

Untuk menjamin keamanan masyarakat dan wisatawan, Asep bersama Polres, Satpol PP, Dandim, dan Danramil mengerahkan sekitar 250 personel yang tersebar di beberapa titik di Kep. Seribu.

Sumber : http://kabar24.bisnis.com/read/20141231/15/386925/tahun-baru-2015-tausiyah-dan-pesta-rakyat-digelar-di-kep.-seribu

Read More »

0 komentar
Bingung ingin berlibur kemana? atau bosan dengan tempat liburan yang itu-itu saja. Pulau Pramuka terletak disebelah utara teluk jakarta menawarkan tempat yang begitu indah.Panorama alam serta wisata airnya membuat liburan lebih berkesan bersama keluarga maupun pasangan anda.

Pulau yang menjadi pusat pemerintahan Kepulauan Seribu ini, menawarkan berbagai pengalaman yang seru dan asik seperti, daiving, snorkling dan banana boat.
Jika belum puas, para wisatawan bisa menagadu nyali berenang bersama ikan hiu di Nusa Karamba. Sungguh liburan asik dan tak terlupakan.

Wisata yang murah menjadikan Pulau Pramuka ini tiap akhir pekan ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari mancanegara maupun domestik. 

Musleh pengelola jasa wisata mengatakan, Pulau Pramuka tidak hanya dijadikan tempat berlibur dengan wisata airnya tetapi, biSa juga dijadikan untuk wisata edukatif oleh para pelajar. 

"Di Pulau Pramuka kami menyediakan tanaman mangrove untuk pelestarian lingkungan, biasanya hal ini banyak dilakukan oleh para turis yang datang sebagai bentuk keperdulian mereka terhadap pulau,"ungkap Musleh kepada beritapulauseribu.com, Minggu (16/11/2014). 

Selain itu,lanjut Musleh,penangkaran penyu sisik menjadi tempat kunjungan wisatawan yang tak terlewatkan. "Mereka bisa melepas tukik kelautan bebas,"pungkasnya.


Jadi,sambung Saini Tahir tour guide berlibur yang asik dan menyenangkan hanya bisa didapatkan di Pulau Pramuka Jakarta, Kepulauan Seribu.Tak perlu jauh-jauh pergi ke Bali jika ingin menikmati indanya pasir putih dan birunya air laut. 

Destinasi wisata Kepulauan Seribu selalu menawarkan tempat-tempat berlibur yang berkesan, disamping itu para wisatawan pun bisa mengunjungi pulau-pulau disekitar Pulau Pramuka seperti, Pulau Semak Daun, Pulau Bira, Pulau Air dan Pulau Karang Beras. 

Saat senja tiba, kita bisa melihat sunset dari teras penginapan sambil menikmati segarnya air kelapa dan sesekali terdengar deburan ombak yang memeca bibir pantai.Sungguh tak terlupakan berlibur di Pulau Pramuka.
Sumber : http://beritapulauseribu.com/berita-pulau-pramuka-janjikan-liburan-anda-lebih-berkesan-.html 

Read More »

0 komentar
Ajakan dari salah satu temen gue buat manfaatin waktu liburan dengan travelling ke Kepulauan Seribu lebih tepatnya Pulau Pramuka. Tanpa pikir panjang  langsung gue iyain aja tawaran dari temen gue itu, daripada bengang-bengong di rumah ga ngapa2in.
12 September 2013, niatnya brkt pagi2 bgt biar bisa nyampe Pelabuhan Muara Angke dan bisa nyebrang ke Pulau Pramuka pake kapal penyebrangan yang paling pagi, tapi gara2 kemacetan Jakarta di pagi hari, gue baru bisa nyebrang jam 8an.
Narsis Dikit Bolehlaaaah :))
Suasana Menjelang Keberangkatan Penyebrangan
Tiba Jua di Pulau Pramuka
Setibanya di Pulau Pramuka, gue dkk langsung nyari penginapan yang harganya paling murah se-Pulau Pramuka. Akhirnya setelah nanya sana-sini, gue dkk dapet penginapan dengan harga yang sangat terjangkau, sedikit maksa sih waktu nego harga sama empunya penginapan, haha. . .
Ga lama2 setelah istirahat bentar di penginapan, gue dkk langsung siap2 snorkeling, nhah gue dkk dpt kenalan sesama pengunjung Pulau Pramuka yang ngajakin patungan / "join-an" buat sewa kapal, yang namanya niat baik mah siapa yang nolak, apalagi bisa ngurangin biaya sewa kapal :D
Persiapan Snorkeling
Sebelum snorkeling, gue dkk harus sewa dan ngambil alat2 snorkeling di salah satu pulau di dekat Pulau Pramuka. Kisaran harga u/penyewaan alat snorkeling kisaran 50ribuan, itu uda dapet sepaket (masker, snorkel, life vest (jaket/rompi pelampung), sama fin (sepatu katak), kalo dirasa mahal, tawar aja, minta nego sama yg punya penyewaan alat snorkeling.
Selesai Snorkeling di Spot Pertama, Lanjut ke Spot Selanjutnya
Kalo menurut gue spot snorkeling yang ada di sekitaran Pulau Pramuka lumayan bagus, air lautnya bening, tapi terumbu karangnya yang rada kurang keliatan. Apa mungkin beberapa faktor juga kayanya, bisa jadi gara2 cuaca saat itu yang kurang terang, jadi sinar matahari kurang gitu terang, ditambah air yang keruh gara2 gue dkk terlalu banyak gerak di air jadinya yaaa gitu deeeeeeeh :|




Sedikit Moment Snorkeling dengan Kamera Underwater [*Sewaan]
Setelah puas snorkeling, gue dkk mampir bentar di Pulau Semak Daun. Pulau Semak Daun itu pantai yang nyaman buat renang karena pantainya landai, pasirnya putih, dan bebas bulu babi, ada juga spot buat snorkeling, lokasinya ga jauh dari Pulau Pramuka. Disana ada kaya semacem dermaga dari kayu2 gitu, kalo mau maen lompat2/cebur2an di laut, bisa banget tuh disana.
@ Pulau Semak Daun
Puas maen2 di Pulau Semak Daun, gue dkk mampir di kaya semacem restoran di perairan laut yang dangkal, namanya Nusa Resto. Selain berfungsi buat restoran, disana juga dipake buat penangkaran ikan2 laut.
Nusa Resto
Ikan-Ikan di Penangkaran Nusa Resto
Sunset di Nusa Resto
Temen gue lagi galau tuh, haha. . .
Poto rame2 sesama traveler kenal di jalan yang ngajakin patungan sewa kapal
 
Kru Kapal
Masih Sempet Narsis di Bawah Plang Selamat Datang
Selesai snorkeling seharian, gue dkk balik ke penginapan, terus siap2 makan malam, jalan2 bentar, balik lagi deh ke penginapan. Di penginapan, gue dkk ngobrolin rencana besok pulang sambil nonton tipi aja. Mungkin gara2 aktivitas seharian, gue dkk ga lama2 begadang dan soalnya besok rencana bangun pagi buat Hunting Sunrise di Pulau Pramuka.
  
Pintu Gerbang Taman Nasional Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka
Pagi harinya, gue dkk jalan2 keliling Pulau Pramuka, hunting sunrise sambil nikmatin suasana di Pulau Pramuka. Pulaunya ga gitu gede, jadinya bisa dikelilingin dengan jalan kaki, tapi kalo mau sewa sepeda, bisa aja sewa di tempat penyewaan sepeda yang di Pulau Pramuka.
Pohon Bakau di Pantai Pulau Pramuka
Pagi-Pagi Hunting Sunrise
Sunrise di Pulau Pramuka
Perpustakaan di Pulau Seribu
Salah satu kawasan yang tidak terawat, banyak sampah dimana-mana

NKRI HARGA MATI !!!
Suasana Pantai di Pulau Pramuka

Suasana Tanjung Pengantin Pulau Pramuka
Me `n Friends @ Gapura Gerbang Kepulauan Seribu yang ada di Pulau Pramuka
Foto Iseng Aja (^_^)v
Jadwal Kapal Angkutan Penyeberangan
Fasilitas Umum di Pulau Pramuka
Masjid di Pulau Pramuka
[Lupa namanya Masjid apaan, hehe. . .]
  
Sarapan di Pinggir Pantai Sambil Menikmati Taman Miniatur Ekosistem
Angkutan Umum di Kepulauan Seribu
Selama keliling Pulau Pramuka, gue jalan2 sambil ngambil gambar di sepanjang jalan yang gue lewatin.
Bintang Laut Warna Biru

Kondisi Sekitaran Pantai di Pulau Pramuka

Bengkel Kapal
Sumber Listrik di Pulau Pramuka Pakai Tenaga Diesel
Gue dkk mampir di tempat Pelestarian Penyu Sisik yang ada di Pulau Pramuka, karna memang di pulau tersebut salah satu tempat yang dipake buat mengembangbiakan Penyu Sisik. Di tempat itu ada beberapa jenis penyu yang dikembangbiakan. Kalo mau masuk, tinggal ijin aja sama penjaga tempat Pelestarian Penyu Sisik.






@ Pelestarian Penyu Sisik Pulau Pramuka

Jangkar Gede yang Ada di Pinggir Pantai
 
Radio Amatir yang Ada di Wisma Dermaga
Karna hari itu hari Jumat, jadi gue dkk pulang setelah Sholat Jumat. Jadi setelah tadi puas keliling pulau, gue dkk balik ke penginapan buat beres2 persiapan balik ke Jakarta. Sekitar jam 1an, gue dkk brkt dari Pulau Pramuka menuju ke Muara Angke naik Kapal Penumpang yang terbuat dari kayu.


Foto2 Perjalanan Nyebrang ke Muara Angke [Jakarta] 


Suasana di Dalam Kapal Penyeberangan

Akhirnya setelah perjalanan 2 jam, gue dkk sampai juga di Pelabuhan Muara Angke. Perjalanan dengan rencana dadakan, tapi dapet pengalaman yang berkesan dari Pulau Pramuka.
“Laut adalah Tempat yang Tepat untuk Memikirkan Hal-Hal yang Tidak Terpikirkan di Daratan. Ketenangannya mampu membekukan segala tanda tanya.”




Read More »