Weekend Getaway to Pulau Pari

Sebenernya weekend kemarin 1-2 September 2012 banyak tawaran jalan-jalan, temen saya Endah yang ketemu di trip Sawarna yang juga tetangga saya, ngajakin ke Karimun Jawa, tapi kalo ke Karimun Jawa, hari Jumat dan Senin saya harus cuti sedangkan kerjaan segambreng banyaknya. Yah, dari pada gagal ke Karimun Jawa, saya memutuskan ikutan sama salah satu vendor trip yang nemu di twitter jalan-jalan ke pulau-pulau yang deket aja yaitu di Pulau Pari-Kepulauan Seribu, seperti biasa, saya pergi sendiri aja alias solo traveller.

Image
Pulau Pari merupakan salah satu gugusan pulau di Kepulauan Seribu, tepatnya di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Image


Berhubung trip ini versi backpacker alias yang murah meriah, untuk menuju Pulau Pari kita berangkat dari dermaga yang di dalem Pasar Ikan Muara Angke. Kapalnya yang dipake nyebrang ke Pulau Pari itu semacam kapal nelayan, udah gitu ga ada tempat duduk, jadinya lesehan, mirip kapal yang isinya pengungsi, penuuuuuh banget, jadi makin cepet kita dateng kita bisa duduk di atas kapal yang lebih banyak udaranya, pas pergi, saya dapet best seat yaitu di atas kapal. Saya baru tau di dermaga pasar ikan yang gak cukup bagus itu banyak kapal-kapal nelayan yang ngangkut ke berbagai pulau di Kepulauan Seribu. Untuk kapal ke Pulau Pari ini keberangkatannya adalah jam 0700 pagi.

Image
Setelah 1,5 jam perjalanan dalam kapal yang penuh orang, akhirnya sampailah kita di Pulau Pari. Oh iya, di Pulau Pari ini belum ada hotel atau resort, cuma ada rumah penduduk yang disewakan untuk tempat menginap. Tempat kita menginap kebetulan gak di depan dermaga kedatangan, tapi masih masuk ke dalem lagi. Kalau yang udah mesen paket tour, di depan dermaga udah banyak sepeda-sepeda sewaan, jadi begitu sampe mereka bisa langsung bersepeda ke tempat mereka nginep. Kalau kita sih jalan aja. 

Image
Homestay kita terletak di depan mesjid besar Pulau Pari. Yang saya amazed, suara adzan dari mesjid tersebut sangat merdu, ga asal adzan. Oh iya, homestay tempat saya nginep, satu rumah itu ada sekitar 15 orang. Ada 5 orang solo traveller di trip ini, termasuk saya dan kita juga ternyata di sewain sepeda untuk keliling sekitar Pulau Pari.
Image


Abis naro tas-tas ransel, saya dan teman sekamar saya, Sari yang juga solo traveller dalam trip ini, memutuskan untuk ambil foto di daerah dermaga dan sekitarnya, karena menurut leader vendor trip ini, jam 13.00 kegiatan baru akan dimulai, agak curiga sih saya, kenapa mulainya siang banget, kenapa gak langsung pergi aja. Ya udah, akhirnya saya terhibur dengan foto-foto pemandangan indah di Pulau Pari.
Image
Image

Image


Saya dan Sari balik ke homestay sekitar jam 12.00 karena acara snorkling bakalan mulai jam 13.00. Akhirnya leader vendor ini cerita tadinya pas nyampe harusnya langsung mau jalan ke beberapa pulau terdekat seperti Pulau Tikus dan Pulau Burung, tapi karena ada peserta lain yang nyasar ke Pulau Pramuka karena salah naik kapal pas di Muara Angke. Duh, gara-gara segelintir orang yang malu bertanya sesat di jalan, akhirnya saya dan beberapa peserta lain jadi agak bete trip ini tidak memuaskan karena kita ga sempet mampir ke pulau-pulau tersebut. Akhirnya, kegiatan kita siang sampai sore itu adalah snorkling. Spot snorkling pertama menurut saya kurang bagus ya, banyak pasir, batu koral nya ga bagus-bagus juga. Spot snorkling kedua cukup senang karena saya ngasih makan ikan-ikan lucu, trus ikan-ikan itu berkumpul di deket saya sambil makan roti-roti yang saya kasih. Spot snorkling ketiga, ternyata ga jauh dari dermaga, spot yang ketiga ini adalah yang paling bagus diantara semuanya.

Image
Setelah snorkling, sampe di dermaga saya, Sari dan Mas Daud salah satu peserta trip yang solo traveller juga, gak balik ke homestay, tapi langsung ke tempat liat sunset, dengan baju basah abis snorkling kita jalan ke pantai tersebut, cukup jauh sih, mangkanya kalau di Pulau Pari, rata-rata pada pakai sepeda kemana-mana. Oh iya, pantai tempat liat sunset itu ada tempat Penelitian LIPI untuk Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Oseanografi Pulau Pari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan ada wismanya juga. 

Image
Malamnya, setelah mandi, makan malam dan istirahat sebentar di homestay, jam 22.00 kita kembali ke daerah dekat dermaga untuk acara Barbeque, di bawah sinar bulan penuh, kita ketawa-ketawa dan denger lagu dangdut koplo trus makan ikan tongkol bakar, lucu juga sih, jauh-jauh ke Pulau Pari, barbeque – an-nya makan ikan tongkol.

Image
Kira-kira pukul 05.30 saya dibangunin Sari untuk liat sunrise, katanya sih lebih bagus liat sunrise di Pasir Perawan, karena udah telat dan jalan ke Pasir Perawan cukup jauh, jadi kita dan Mas Daud liat sunrise dan juga foto-foto di dermaga aja dan masih cukup bagus kok.

Image
Setelah liat sunrise, saya dan Sari memutuskan untuk ngopi-ngopi dulu di warung deket dermaga, karena kalau kembali ke homestay juga sarapan pagi nya belom disediain. Saya akhirnya ngobrol sama yang punya warung, ternyata dia juga suka nyewain rumahnya, dan bisa nyediain semua yang kita mau dari sewa kapal, snorkling, dan lain-lain. Wah, info bagus nih, saya bakalan kesini lagi deh. Abis ngopi-ngopi, saya jalan ke Pantai Pasir Perawan. Pantai ini bagus loh, pasirnya warna putih, di pinggir pantainya ada saung-saung buat duduk-duduk dan juga ada warung-warung yang jualan makanan kecil, mie instan dan minuman serta ada lapangan bola volley pantai. 

Image
Masih di Pantai Pasir Perawan juga, ada kegiatan Ecotourism yaitu dengan berpartisipasi menanam pohon Bakau (Mangrove) untuk pelestarian alam sekitar pantai tersebut. Pohon Bakau ini ditanam dan masing-masing orang yang menanam memasang namanya di pohon Bakau tersebut.

Image
Jam 12 siang saya dan rombongan kembali ke Jakarta dengan menggunakan kapal yang sama, tapi kali ini saya kurang beruntung tidak duduk di atas kapal tapi di bawah. Yah, berakhir sudah perjalanan saya kali ini ke Pulau Pari, kurang puas sih dan rencananya saya akan kesini lagi bareng sahabat-sahabat trip saya untuk berkunjung kembali ke pulau ini.

Image


Sumber : 
myfearless